Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi melalui penerapan teknik Neighborhood Walk Pada siswa kelas X SMA Ilmu Al-Quran Muara Baru Kayuagung. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas X SMA Ilmu Al-Quran yang berjumlah 19 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap,yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengamatan, wawancara dan tes.Instrumen yang digunakan lembar observasi, instrumen tes, pedoman wawaancara. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan didukung dengan data kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkkan bahwa penerapan teknik Neighborhood Walk dapat meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi pada siswa kelas X SMA Ilmu Al-Quran Muara Baru Kayuagung baik dari segi proses maupun hasil tes.
Copyrights © 2017