Jurnal DIALEKTOLOGI
Vol 2 No 2 (2017): Dialektologi

Pengaruh Metode Show and Tell Pada Kemampuan Berbicara Siswa Terhadap Penyampaian Karangan Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 01 Kandis

Iin Parlina (Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung)
Nopi Yanti (Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung)



Article Info

Publish Date
06 Nov 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh metode Show And Tell pada kemampuan berbicara siswa terhadap penyampaian karangan deskripsi pada siswa kelas VII SMP Negeri 01 Kandis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Penelitian ini menggunakan suatu percobaan yang dirancang khusus, untuk membandingkan dua kelompok sasaran penelitian. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 01 Kandis Kabupaten Ogan Ilir tahun ajaran 20017. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VII.I sebagai kelompok eksperimen berjumlah 32 orang, dan kelas VII.2 sebagai kelas kontrol berjumlah 32 orang. Sampel penelitian seluruhnya berjumlah 64 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah perhitungan uji-t dengan menggunakan program komputer SPSS 20. Dengan diterimanya hipotesis penelitian (Ha) ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Show And Tell berpengaruh pada kemampuan berbicara siswa terhadap penyampaian karangan deskripsi.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

Dialektologi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

DIALEKTOLOGI diterbit oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung. Berkala diterbitkan dua kali setahun pada bulan April dan November. Akan tetapi, sejak tahun 2022 terbitan berkala direvisi menjadi Bulan April ...