Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh metode Show And Tell pada kemampuan berbicara siswa terhadap penyampaian karangan deskripsi pada siswa kelas VII SMP Negeri 01 Kandis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Penelitian ini menggunakan suatu percobaan yang dirancang khusus, untuk membandingkan dua kelompok sasaran penelitian. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 01 Kandis Kabupaten Ogan Ilir tahun ajaran 20017. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VII.I sebagai kelompok eksperimen berjumlah 32 orang, dan kelas VII.2 sebagai kelas kontrol berjumlah 32 orang. Sampel penelitian seluruhnya berjumlah 64 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah perhitungan uji-t dengan menggunakan program komputer SPSS 20. Dengan diterimanya hipotesis penelitian (Ha) ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Show And Tell berpengaruh pada kemampuan berbicara siswa terhadap penyampaian karangan deskripsi.
Copyrights © 2017