Jurnal DIALEKTOLOGI
Vol 1 No 2 (2016): Dialektologi

Pembelajaran Sastra Berbasis Multiple Intellegences: Solusi Menghadapi Abad 21

Alamsari (SMP Negeri 4 Rantau Panjang Kabupaten Ogan Ilir)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2016

Abstract

Pembelajaran Abad 21 menuntut siswa untuk menguasai berbagai keterampilan (skills). Keterampilan tersebut diintegrasikan dalam setiap pembelajaran, tak terkecuali pembelajaran sastra. Sebagai salah satu mata pelajaran yang memegang peranan penting dalam pengembangan pola berpikir dan pembentukan karakter siswa, pembelajaran sastra mutlak diajarkan sebaik mungkin agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Selama ini, pembelajaran sastra di sekolah cenderung membosankan dan belum memberikan hasil yang diharapkan. Tak heran, banyak peserta didik justru menghindar dari pembelajaran sastra tersebut. Untuk itu, perlu dilakukan inovasi dalam pembelajaran sastra. Salah satu strategi yang efektif diterapkan adalah dengan pembelajaran sastra berbasis Multiple Intellegences. Pendekatan Multiple Intelligences atau kecerdasan majemuk yang dirumuskan oleh Gardener merupakan pendekatan dalam pembelajara yang menyatakan bahwa kecerdasan seorang anak tidak dapat diukur hanya dengan melihat Iq-nya saja akan tetapi kecerdasan tersebut harus dilihat berdasarkan kecerdasan-kecerdasan lain. Ada delapan kecerdasan yang dimiliki oleh siswa yaitu, linguistik, spasial, logika, natural, musikal, interpersonal, intrapersonal, dan kinestetik. Pembelajaran sastra dengan menggunakan pendekatan Multiple Inttelegnces memfokuskan siswa agar belajar mengapresiasi karya sastra dengan beragam kecerdasan dan gaya belajarnya masing-masing. Aktivitas yang dilakukan pun beragam sesuai dengan jenis kecerdasan tersebut. Melalui Multiple Intelligences ini, pembelajaran sastra akan lebih efektif sehingga pembelajaran akan menjadi bermakna.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

Dialektologi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

DIALEKTOLOGI diterbit oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung. Berkala diterbitkan dua kali setahun pada bulan April dan November. Akan tetapi, sejak tahun 2022 terbitan berkala direvisi menjadi Bulan April ...