Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh strategi think-pairshare terhadap kemampuan menulis esai pada mahasiswa semester III Jurusan Bahasa Indonesia Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Penelitian ini menggunakan suatu percobaan yang dirancang khusus, untuk membandingkan dua kelompok sasaran penelitian. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa semester III Jurusan Bahasa Indonesia Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung tahun ajaran 20011/2012. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas A sebagai kelompok eksperimen berjumlah 36 orang, dan kelas B sebagai kelas kontrol berjumlah 18 orang. Sampel penelitian seluruhnya berjumlah 54 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah perhitungan uji -t dengan menggunakan program komputer SPSS 17. Dengan diterimanya hipotesis penelitian (Ha) ini dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi think-pair-share berpengaruh terhadap kemampuan menulis esai.
Copyrights © 2016