Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kebutuhan modul pada mata kuliah pengembangan keterampilan menulis yang dijadikan sebagai bahan ajar; (2) merancang modul yang sesuai dengan analisis kebutuhan mahasiswa pada mata kuliah pengembangan keterampilan menulis; (3) mengembangkan modul menulis artikel hasil penelitian di semester II, Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Baturaja; (4) mengetahui pengaruh potensial pengembangan modul menulis artikel hasil penelitian terhadap hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Untuk memperoleh informasi tentang kelayakan modul hasil pengembangan ini, peneliti melakukan uji validasi ahli dan uji lapangan terbatas. Validasi modul ini dilakukan dari segi kelayakan isi/materi, penyajian, kebahasaan, dan kegrafikaan. Data dalam uji lapangan terbatas diperoleh melalui tes menulis artikel ilmiah. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Baturaja sebanyak 26 mahasiswa. Berdasarkan hasil tes menulis artikel hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata 56,53 menjadi 79,53 (selisih 23). Dengan demikian, peneliti menyimpulkan bahwa modul menulis artikel hasil penelitian hasil pengembangan ini mempunyai pengaruh potensial dalam meningkatkan kemampuan dan pemahaman mahasiswa terhadap materi menulis artikel ilmiah pada mata kuliah Pengembangan Keterampilan Menulis bahasa Indonesia di perguruan tinggi.
Copyrights © 2016