Jurnal DIALEKTOLOGI
Vol 1 No 1 (2016): Dialektologi

PENGARUH METODE THE LEARNING CELL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS VIII SMPN2 SIRAH PULAU PADANG

Alia (Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung)
Nafsiah Mania Fitri (Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2016

Abstract

Penelitian ini membahas permasalahan apakah ada pengaruh metode the learning cell dalam kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelasVIII SMPN 2 Sirah Pulau Padang. Tujuannya untuk mengetahui ada pengaruh atau tidaknya penerapan metode the learning cell terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu. Sampel penelitian berjumlah 73 orang siswa dengan rincian 37 orang siswa kelas VIII 3 (kelompok kontrol) mendapat pembelajaran membaca pemahaman dengan model konvensional dan36 orang siswa lainnya kelasVIII 4 (kelompok eksperimen) mendapat pembelajaran membaca pemahaman dengan menggunakan metode the learning cell. Teknik yang digunakan untukmengumpulkan data adalah tes dengan memahami teks bacaan, sedangkan teknik analisis data adalah teknik statistik dengan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya perbedaan kemampuan membaca pemahaman siswa yang diajar dengan model konvensional. Jadi dapat disimpulkan adanya pengaruh metode the learning cell yang diterapkan daripada model konvensional dalam kemampuan membaca pemahaman siswa kelasVIII SMPNegeri 2 Sirah PulauPadang.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

Dialektologi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

DIALEKTOLOGI diterbit oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung. Berkala diterbitkan dua kali setahun pada bulan April dan November. Akan tetapi, sejak tahun 2022 terbitan berkala direvisi menjadi Bulan April ...