Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikanpengaruh Strategi Probable Passages Terhadap Kemampuan Menulis CeritaFantasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir.Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu. Populasi dalampenelitian ini seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Tanjung Raja KabupatenOgan Ilir tahun 2018/2019 berjumlah 155 siswa. Pengambilan sampelberdasarkan metode purposive sampling diperoleh 60 siswa. Teknikpengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis dan diperiksa menggunakanvaliditas isi. Tes telah di ujicobakan untuk mencari reliabilitas tes. Kolmogorovsmirnov digunakan untuk menilai oleh inter-rater. Hasil tes menggunakan uji-tdengan bantuan spss 22. Berdasarkan hasil uji sampel independen, hasilpenelitian ini menunjukan bahwa thitung adalah (5,039) dengan level signifikanp<0,05 dalam test penyesuaian derajat keabsahan 58. Nilai kritis dari ttable (1,671).thitung (5,039) lebih tinggi dari ttable (1,671). Ini berarti H0 ditolak, dan Ha diterima.Artinya, ada perbedaan kemampuan menulis cerita fantasi siswa yang diajarmenggunakan strategi probable passages dengan siswa yang diajar denganpendekatan saintifik.
Copyrights © 2021