Jurnal DIALEKTOLOGI
Vol 4 No 02 (2019): DIALEKTOLOGI

PENGARUH BERMAIN DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK OPERANT CONDITIONING PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 KAYUAGUNG

Iin Parlina (Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung)
Ely Gusmia (Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung)



Article Info

Publish Date
14 Nov 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh teknik operant conditioning. Metode yang digunakan penelitian eksperimen semu. Populasiseluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kayuagung yang berjumlah 335. Sampel siswa kelas XI MIPA 1 yang berjumlah 41 dan XI MIPA 2 yang berjumlah 41. Instrumen yang digunakan meliputi lembar tes, lembar angket, lembar wawancara. Teknik pengumpulan data berupa tes, angket, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknik operant conditioning mampu meningkatkan kemampuan siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kayuagung dalam bermain drama. Hal ini dibuktikan rata-rata skor nilai awal kelompok eksperimen ialah 74.71 dan rata-rata skor nilai akhir kelompok eksperimen adalah 84.00. Jadi terdapat peningkatan 9.29, rerata nilai awal kelompok kontrol adalah 71.78 dan rerata nilai akhir kelompok kontrol ialah 76.56. Itu berarti nilai awal dan nilai akhir kelompok kontrol terdapat perbedaan sebesar 4.78.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Dialektologi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

DIALEKTOLOGI diterbit oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung. Berkala diterbitkan dua kali setahun pada bulan April dan November. Akan tetapi, sejak tahun 2022 terbitan berkala direvisi menjadi Bulan April ...