Jurnal DIALEKTOLOGI
Vol 5 No 01 (2020): DIALEKTOLOGI

PENGARUH TEKNIK SHOW NOT TELL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI SUGESTIF SISWA KELAS X SMA MERANTI PEDAMARAN

Iin Parlina (Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung)
Ike Noprianti (Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung)



Article Info

Publish Date
14 Apr 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh teknik Show Not Tell terhadap kemampuan menulis narasi sugestif siswa kelas X SMA Meranti Pedamaran. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen semu dengan populasi berjumlah 160 siswa kelas X SMA Meranti Pedamaran. Pengambilan sampel berdasarkan teknik sampling purposive, diperoleh kelas X.4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes unjuk kerja menulis narasi. Tes diberikan pada tes awal dan akhir pada kelas kontrol dan eksperimen untuk mengetahui kemampuan menulis narasi sugestif. Teknik analisis data menggunakan program komputer SPSS 20. Nilai ratarata pada kelas eksperimen yaitu 76.25 dan nilai rata-rata pada kelas kontrol yaitu 66.69 Berdasarkan hasil analisis hipotesis dengan menggunakan rumus uji-t di dapat thit sebesar 3.349 dan ttab (1,668) dengan derajat keabsahan 62 (df 62). Jadi thitung > ttabel, artinya H0 ditolak dan Ha diterima

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Dialektologi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

DIALEKTOLOGI diterbit oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung. Berkala diterbitkan dua kali setahun pada bulan April dan November. Akan tetapi, sejak tahun 2022 terbitan berkala direvisi menjadi Bulan April ...