Proceeding Seminar LPPM UMP Tahun 2014
2015: Buku I Bidang Ilmu Ekonomi dan Pertanian, Proceeding Seminar Nasional LPPM 2015, 26 September

PELATIHAN KETRAMPILAN DAN PENJUALAN ONLINE HASIL KERAJINAN KAYU BAGI USAHA MIKRO BJ WOOD PROCESSING DAN RAKA JAYA MANDIRI

Saputra, Dhanar Intan Surya ( Program Studi Teknik Informatika, STMIK AMIKOM Purwokerto Jl. Letjen Pol Sumarto Watumas Purwanegara Purwokerto, Banyumas 53123)
Rini, Eldas Puspita ( Program Studi Teknik Informatika, STMIK AMIKOM Purwokerto Jl. Letjen Pol Sumarto Watumas Purwanegara Purwokerto, Banyumas 53123)
Hermawan, Hellik ( Program Studi Teknik Informatika, STMIK AMIKOM Purwokerto Jl. Letjen Pol Sumarto Watumas Purwanegara Purwokerto, Banyumas 53123)



Article Info

Publish Date
26 Sep 2015

Abstract

Usaha Mikro BJ Wood Processing merupakan usaha yang bergerak di bidang pembelian dan penjualan kayu gelondongan, berlokasi di Desa Banaran. Sedangkan Usaha Mikro Raka Jaya Mandiri merupakan usaha yang bergerak di bidang pembuatan dan penjualan produk kerajinan kayu, berlokasi di Grumbul Blembeng, Desa Gandatapa. Kedua usaha mikro tersebut berada di Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas, Propinsi Jawa Tengah. BJ Wood Processing memiliki permasalahan terhadap pembelian dan penjualan kayu gelondongan yang rendah. Jenis kayu yang diterima dalam pembelian dan penjualan adalah kayu Albasia, Sengon, Mahoni dan beberapa kayu lainnya. Permasalahan yang dihadapi oleh Raka Jaya Mandiri yaitu peralatan untuk produksi yang terbatas jumlahnya dan masih sederhana, usaha pemasaran yang kurang baik, keterbatasan bahan baku produksi serta bentuk kreatifitas model yang masih standar. Solusi yang diberikan untuk menyelesaikan permasalahan mitra yaitu dengan mengadakan pelatihan keterampilan, penggunaan komputer, dan internet, pelatihan pembuatan kreasi atau inovasi produk kerajinan kayu dan pemasaran serta penjualan produk melalui media online atau website e-commerce. Solusi tersebut diberikan kepada kedua mitra agar mampu meningkatkan angka produktifitas dan meningkatnya penjualan produk masing-masing yang otomatis membawa dampak positif bagi kedua mitra.Kata Kunci : E-Commerce, Usaha Mikro, Kerajinan Kayu.

Copyrights © 2015