Proceeding Seminar LPPM UMP Tahun 2014
2015: Buku II Bidang Ilmu Pendidikan dan Sosial Humaniora, Proceeding Seminar Nasional LPPM 2015, 2

DISCOVERY LEARNING DALAM MATA KULIAH TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN UNTUK MENUMBUHKAN KEMAMPUAN PENEMUAN DIRI

Yanuarto, Wanda Nugroho ( Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Purwokerto)



Article Info

Publish Date
26 Sep 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran discovery learning pada mata kuliah Teori Belajar dan Pembelajaran. Model yang dideskripsikan tersebut bertujuan untuk menumbuhkan kemampuan penemuan diri mahasiswa semester 2 program studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Kemampuan penemuan diri merupakan konsep diri yang berkaitan erat dengan individu termasuk ide, pikiran, kepercayaan, perasaan, serta keyakinan yang diketahui dan dipahami oleh individu tentang diri. Model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran discovery learning. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester 2 kelas B program studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Sedangkan objek penelitian adalah seluruh proses dan hasil pembelajaran matematika dengan penerapan model pembelajaran discovery learning. Instrumen penelitian berupa lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi kemampuan penemuan diri, pedoman wawancara, dan tes kemampuan penemuan diri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran yang telah dirancang oleh dosen model dan para dosen observer telah dapat memunculkan kemampuan penemuan diri. Dari hasil dan pembahasan dalam penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery learning pada mata kuliah Teori Belajar dan Pembelajaran dapat membantu menumbuhkan kemampuan penemuan diri. Pengembangan pembelajaran dilakukan sesuai dengan kebutuhan pada mahasiswa.Kata kunci : Model pembelajaran discovery learning, Kemampuan penemuan diri

Copyrights © 2015