Jurnal Digitalisasi Administrasi Bisnis
Vol 1 No 1 (2023): Jurnal Digitalisasi Administrasi bisnis

KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI PEMBUKAAN REKENING NON PERORANGAN IMPLIKASINYA PADA KEPUASAN NASABAH (Studi Kasus Di PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (Bank Bjb) Kantor Cabang Pembantu (Kcp) Bojongsoang )Kabupaten Bandung

Tuti Sulastri (Institut Digital Ekonomi LPKIA)



Article Info

Publish Date
14 Feb 2023

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Administrasi Pembukaan Rekening Non Perorangan. Metode yang digunakan berbentuk deskriptif analisis dimana data yang dikumpulkan berbentuk uraian (deskriptif) mengenai kegiatan subyek yang diteliti. Hasil analisis di peroleh bahwa Kualitas Pelayanan Administrasi Pembukaan Rekening Non Perorangan diawali secara procedural yaitu Bagian Customer Service melayani Calon Nasabah yang akan melakukan Pembukaan Rekening Non Perorangan kemudian Calon Nasabah harus menyerahkan persyaratan seperti KTP, Legalitas Perusahaan (SIUP, TDP), Struktur Organisasi dan NPWP sebagai syarat untuk melakukan Pembukaan Rekening Non Perorangan, namun kendala yang terjadi bagi Calon Nasabah yang tidak mempunyai NPWP harus membuat NPWP terlebih dahulu ke Kantor Pelayanan Pajak sehingga calon nasabah harus kembali pulang untuk mengurus pembuatan NPWP, hal ini membuat calon nasabah merasa tidak puas. Hal baru dari analisis tersebut diusulkan bahwa calon nasabah tetap di beri layanan dengan cara membuat Surat Pernyataan Tidak Mempunyai NPWP Sementara. Hal tersebut merupakan solusi agar lebih efektif dan efisien untuk calon nasabah yang belum mempunyai NPWP, walaupun setelah itu calon nasabah akan mengurus pembuatan NPWP ke pihak kantor pajak sesuai dengan peraturan dari pihak bank. Solusi ini merupakan upaya pemenuhan kebutuhan dan keinginan calon nasabah agar calon nasabah merasa puas atas pelayanan yang diberikan sesuai dengan apa yang diharapkan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jdab

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance

Description

Berikut ini adalah bidang minat yang disarankan: Administrasi Perkantoran Tata kelola perusahaan Kewiraswastaan Keuangan Sumber daya manusia Manajemen Pengetahuan Kepemimpinan Sistem manajemen informasi Digitalisasi Pemasaran Manajemen operasional Manajemen Strategis Perpajakan Bisnis pemula Inovasi ...