cover
Contact Name
Muhtarudin
Contact Email
muhtar@lpkia.ac.id
Phone
+628122137034
Journal Mail Official
jurna_jaab@lpkia.ac.id
Editorial Address
Jalan Sukarno Hatta No. 345 Bandung
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Digitalisasi Administrasi Bisnis
ISSN : 23031069     EISSN : 28087410     DOI : -
Core Subject : Economy, Science,
Berikut ini adalah bidang minat yang disarankan: Administrasi Perkantoran Tata kelola perusahaan Kewiraswastaan Keuangan Sumber daya manusia Manajemen Pengetahuan Kepemimpinan Sistem manajemen informasi Digitalisasi Pemasaran Manajemen operasional Manajemen Strategis Perpajakan Bisnis pemula Inovasi dan kreativitas Topik lain di bidang administrasi bisnis
Articles 10 Documents
KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI PEMBUKAAN REKENING NON PERORANGAN IMPLIKASINYA PADA KEPUASAN NASABAH (Studi Kasus Di PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (Bank Bjb) Kantor Cabang Pembantu (Kcp) Bojongsoang )Kabupaten Bandung Tuti Sulastri
Jurnal Digitalisasi Administrasi Bisnis Vol 1 No 1 (2023): Jurnal Digitalisasi Administrasi bisnis
Publisher : INSTITUT DIGITAL EKONOMI LPKIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Administrasi Pembukaan Rekening Non Perorangan. Metode yang digunakan berbentuk deskriptif analisis dimana data yang dikumpulkan berbentuk uraian (deskriptif) mengenai kegiatan subyek yang diteliti. Hasil analisis di peroleh bahwa Kualitas Pelayanan Administrasi Pembukaan Rekening Non Perorangan diawali secara procedural yaitu Bagian Customer Service melayani Calon Nasabah yang akan melakukan Pembukaan Rekening Non Perorangan kemudian Calon Nasabah harus menyerahkan persyaratan seperti KTP, Legalitas Perusahaan (SIUP, TDP), Struktur Organisasi dan NPWP sebagai syarat untuk melakukan Pembukaan Rekening Non Perorangan, namun kendala yang terjadi bagi Calon Nasabah yang tidak mempunyai NPWP harus membuat NPWP terlebih dahulu ke Kantor Pelayanan Pajak sehingga calon nasabah harus kembali pulang untuk mengurus pembuatan NPWP, hal ini membuat calon nasabah merasa tidak puas. Hal baru dari analisis tersebut diusulkan bahwa calon nasabah tetap di beri layanan dengan cara membuat Surat Pernyataan Tidak Mempunyai NPWP Sementara. Hal tersebut merupakan solusi agar lebih efektif dan efisien untuk calon nasabah yang belum mempunyai NPWP, walaupun setelah itu calon nasabah akan mengurus pembuatan NPWP ke pihak kantor pajak sesuai dengan peraturan dari pihak bank. Solusi ini merupakan upaya pemenuhan kebutuhan dan keinginan calon nasabah agar calon nasabah merasa puas atas pelayanan yang diberikan sesuai dengan apa yang diharapkan.
Distinctive Competence sebagai Strategi Peningkatan Kinerja dan Pencapaian Kesuksesan Jangka Panjang Perusahaan Rahayu Sri Purnami
Jurnal Digitalisasi Administrasi Bisnis Vol 1 No 1 (2023): Jurnal Digitalisasi Administrasi bisnis
Publisher : INSTITUT DIGITAL EKONOMI LPKIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini membahas kompetensi khas yang termasuk dalam bidang studi manajemen strategis. Kompetensi khusus adalah apa yang organisasi lakukan lebih baik daripada pesaingnya. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk memberikan gambaran tentang peran penting kompetensi khas dalam meningkatkan kinerja perusahaan yang mendukung tercapainya kesuksesan jangka panjang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksploratif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi khas dapat dicapai dengan memperhatikan beberapa hal seperti peran seorang pemimpin, Learning-based distinctive competence, Technological Distinctive Competencies, penggunaan analitik data besar, Distinctive Marketing Competencies and Total Quality Management.
MEKANISME PENYAJIAN PELAPORAN KINERJA KEUANGAN Muhtarudin Muhtarudin
Jurnal Digitalisasi Administrasi Bisnis Vol 1 No 1 (2023): Jurnal Digitalisasi Administrasi bisnis
Publisher : INSTITUT DIGITAL EKONOMI LPKIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Standar Akuntansi Pemerintahan merupakan panduan bagi pemerintahan dalam menyajikan laporan keuangan. Standar Akuntansi diperlukan agar laporan keuangan yang dihasilkan oleh pembaca laporan. Laporan Keuangan merupakan pertanggung jawaban pemerintah yang telah diberikan dan digunakan dengan semestinya.penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyajian laporan keuangan berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2005. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis komparatif dimana penelitian dilakukan dengan mengumpulkan, dan menganalisa data yang dikumpulkan serta gambaran yang jelas sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Hasil penelitian menunjukkan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung telah berpedoman pada peraturan Pemerintahan Nomor 24 Tahun 2005 dalam menyajikan laporan keuangan. Sebaiknya Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung bisa lebih transparansi atau lebih terbuka dalam memberi atau membagi informasi mengenai laporan keuangannya
PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA INFORMASI WARGA DI KANTOR KECAMATAN IBUN KABUPATEN BANDUNG Tengku Ine Hendriana
Jurnal Digitalisasi Administrasi Bisnis Vol 1 No 1 (2023): Jurnal Digitalisasi Administrasi bisnis
Publisher : INSTITUT DIGITAL EKONOMI LPKIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kegiatan memberikan informasi kepada warga dilakukan dari Bagian Pengelola Informasi dan Dokumentasi yang diterima langsung dari kantor kabupaten, kemudian informasi dari kantor kabupaten tersebut diberikan kepada Bagian Pelayanan Umum. Bagian Pelayanan Umum menyebarkan informasi tersebut kepada warga melalui media sosial yang ada. Penelitian ini menggunakan metode berbentuk deskriptif analisis, dimana data yang dikumpulkan dibahas dalam bentuk uraian mengenai kegiatan Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Informasi Warga di Kantor Kecamatan Ibun. Pemanfaatan media sosial Whatsapp Group, Facebook dan Instagram sebagai media informasi bagi warga Kecamatan Ibun, belum digunakan secara maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan media sosial Whatsapp Group, Facebook dan Instagram sebagai media komunikasi warga. Bagian Admin dan Bagian Pelayanan Umum mengalami kesulitan, karena tenaga kerja di Bagian Pelayan Umum hanya ada satu tenaga kerja yang bekerja untuk melayani masyakarat secara langsung sehingga penyampaian informasi kepada masyarakat secara digital masih kurang maksimal. Hal baru dari analisis yang diusulkan bahwa untuk pemanfaatan media sosial agar dipergunakan dengan maksimal, maka perlu pengawasan penyampaian informasi kepada masyarakat Kecamatan Ibun. Dalam pengawasan penyampaian informasi yang menggunakan media sosial, maka pihak Kantor Kecamatan Ibun perlu melakukan sosialisasi secara terus-menerus dan memfasilitasi pada saat transisi dari manual menjadi digital.
PEMBERIAN KODE KLASIFIKASI ARSIP MENGGUNAKAN APLIKASI E-OFFICE DI KABUPATEN BANDUNG Rini Ratnaningsih
Jurnal Digitalisasi Administrasi Bisnis Vol 1 No 1 (2023): Jurnal Digitalisasi Administrasi bisnis
Publisher : INSTITUT DIGITAL EKONOMI LPKIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui Pengelolaan Pemberian Kode Klasifikasi Arsip Surat Masuk Dan Surat Keluar Secara Digital Menggunakan Aplikasi E-Office Pada Bagian Tata Usaha Pimpinan Di Sekretariat Daerah Kabupaten Bandung. Mengikuti era globalisasi untuk memproses surat menyurat pada lingkungan pemerintahan diperlukan sistem digital, sehingga aplikasi E-Office merupakan solusi untuk mempercepat proses pengelolaan surat menyurat. Terutama dalam mencantumkan kode klasifikasi arsip yang awalnya manual harus mencari pada buku panduan, sekarang beralih ke sistem kode klasifikasi arsip secara digital, dengan mencantumkan kode klasifikasi arsip secara cepat. Namun hasil penelitian dengan menggunakan deskriptif kualitatif ditemukan kendala pada kode klasifikasi arsip yang telah di input pada aplikasi E-Office tidak spesifik atau tidak rinci. Sehingga proses mencatat pada buku agenda surat masuk dan keluar masih diperlukan untuk mempermudah pengarah surat atau petugas surat dalam menyusun dan mencari arsip kembali. Dari kendala tersebut penulis memberikan saran agar adanya titik temu antara pimpinan, petugas arsip, dinas terkait dan petugas Information and Technology (IT) agar ada rapat koordinasi dan konsultasi kembali dalam menyusun dan menyepakati kode klasifikasi arsip yang digunakan, untuk menghindari ketidak teraturan dalam pengarsipan surat.
ANALISIS KEBUTUHAN PEGAWAI PADA SUBBAGIAN HUKUM DAN SUMBER DAYA MANUSIA DI KOMISI PEMILIHAN UMUM KOTA BANDUNG Rahayu Sri Purnami
Jurnal Digitalisasi Administrasi Bisnis Vol 1 No 2 (2023): Jurnal Digitalisasi Administrasi bisnis
Publisher : INSTITUT DIGITAL EKONOMI LPKIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Analisis kebutuhan pegawai dilakukan untuk mengetahui jumlah pegawai yang dibutuhkan di suatu organisasi. Tujuan dilakukannya analisis kebutuhan pegawai di lingkup pemerintah untuk mewujudkan jumlah dan kualitas pegawai sesuai dengan kebutuhan organisasi negara serta untuk menjamin distribusi pegawai yang proporsional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana analisis kebutuhan pegawai yang dilakukan pada Subbagian Hukum dan Sumber Daya Manusia di Komisi Pemilihan Umum Kota Bandung dan penerapan prasyarat kebutuhan pegawai berdasarkan analisis jabatan dan analisis beban kerja, hal ini penting karena jika analisis kebutuhan pegawai dilakukan sesuai dengan prasyarat kebutuhan pegawai maka dapat diketahui secara riil kebutuhan pegawai suatu organisasi. Alasan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran analisis kebutuhan pegawai di suatu instansi pemerintah. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini yaitu pada Subbagian Hukum dan Sumber Daya Manusia di Komisi Pemilihan Umum Kota Bandung saat ini Subbagian Hukum dan Sumber Daya Manusia mengalami kekurangan pegawai hal ini berdampak dengan bertambahnya beban kerja. Hal baru dari analisis yang diusulkan bahwa untuk analisis kebutuhan pegawai sebaiknya perlu dilakukan berdasarkan analisis jabatan dan analisis beban kerja, agar jumlah pegawai di Subbagian Hukum dan Sumber Daya Manusia sesuai dengan yang dibutuhkan.
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN Tuti Sulastri
Jurnal Digitalisasi Administrasi Bisnis Vol 1 No 2 (2023): Jurnal Digitalisasi Administrasi bisnis
Publisher : INSTITUT DIGITAL EKONOMI LPKIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis 1) pengaruh gaya kepemimpinan transformational yang terdiri dari karisma, Motivasi Inspiratif, Stimulasi Intelektual, pertimbangan individu, 2) Kinerja Karyawan yang terdiri dari Hasil kerja, pengetahuan pekerjaan, inisiatif, sikap, disiplin waktu dan disiplin di Klinik Akupunktur dr. Felesia Fanty Bandung. Sampel penelitian berjumlah 12 orang, karena jumlah populasi tidak banyak maka digunakan teknik sample jenuh (sensus), dimana. seluruh populasi. digunakan sebagai sample. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa: Gaya Kepemimpinan. Transformasional berpengaruh signifikan. terhadap Kinerja. Karyawan, karena pada pengujian hipotesis menunjukkan hasil signifikan dengan nilai t hitung 2,784 > t tabel 2,228. Gaya Kepemimpinan Tranformasional memberi kontribusi kepada Kinerja Karyawan sebesar 66,10% berdasarkan uji korelasi, 43,70% berdasarkan koefisien determinasi dan sisanya dipegaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat pada penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional mempengaruhi kinerja karyawan secara positif baik secara langsung maupun tidak langsung.
KINERJA KARYAWAN DALAM KEGIATAN ADMINISTRASI PADA BAGIAN FINANCE SERVICE DI PT.TELKOM INDONESIA Tengku Ine Hendriana; Rini Ratnaningsih; Ervie Nur Afifa Muklis; Syaepudin Oe; Danar Wirayuda
Jurnal Digitalisasi Administrasi Bisnis Vol 1 No 2 (2023): Jurnal Digitalisasi Administrasi bisnis
Publisher : INSTITUT DIGITAL EKONOMI LPKIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Telkom Indonesia (Persero) adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berada di Kota Bandung memberikan layanan teknologi informasi dan komunikasi atau yang sering disebut juga dengan istilah (TIK), bergerak dalam bidang keuangan atau Bagian Finance Service Bagian ini memiliki tugas untuk memastikan kelengkapan dan kebenaran dokumen, melakukan kegiatan untuk posting SAP dan Finest, menerbitkan surat perintah bayar (SPB), memproses gaji karyawan dan memproses biaya perjalanan (SPPD Online). Dalam penyusunan Penelitian ini, penulis menggunakan metode pengumpulan data kualitatif dengan jenis penelitian menggunakan jenis Deskriptif analisis. Metode tersebut merupakan salah satu metode yang dalam penelitiannya menggunakan data yang telah dikumpulkan dalam bentuk uraian (deskripsi). Hal baru yang didapatkan melalui analisis diusulkan untuk menambah Sumber Daya Manusia atau memperkecil Jobdesk karyawan agar tidak terjadi keterlambatan pada saat pengecekan kelengkapan dan kebenaran dokumen agar nantinya tidak berdampak pada jam kerja karyawan.
P PENGARUH ABSENSI ELEKTRONIK TERHADAP DISIPLIN KERJA KARYAWAN BAGIAN COLLECTION DI DEVELOPMENT BANK OF SINGAPORE INDONESIA Tini Martini
Jurnal Digitalisasi Administrasi Bisnis Vol 1 No 2 (2023): Jurnal Digitalisasi Administrasi bisnis
Publisher : INSTITUT DIGITAL EKONOMI LPKIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini menggambarkan pengaruh penggunaan sistem absensi elektronik terhadap disiplin kerja karyawan di Bank DBS Indonesia. Dalam konteks perbankan, dijelaskan bahwa kedisiplinan kerja merupakan unsur penting dalam menjaga produktivitas dan kepercayaan masyarakat terhadap lembaga perbankan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa sistem absensi elektronik memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap disiplin kerja karyawan berdasarkan hasil uji yang telah dilakukan. Hasil uji F menunjukkan nilai signifikan (0,016) lebih kecil dari 0,05, dan nilai F yang dihitung (6.516) melebihi nilai tabel F (4.183). Selain itu, hasil uji t juga menunjukkan nilai t yang signifikan untuk absensi elektronik (X) sebesar 7.578 dibandingkan dengan nilai tabel t sebesar 1.692, dengan melibatkan 31 responden dan tingkat signifikansi α=0,05. Temuan ini mendukung hipotesis bahwa absensi elektronik berpengaruh positif terhadap disiplin kerja. Absensi elektronik memiliki pengaruh yang signifikan terhadap disiplin kerja dalam konteks penelitian ini. Oleh karena itu, perusahaan atau organisasi dapat mempertimbangkan tindakan atau strategi untuk mengelola dan memantau absensi elektronik karyawan dengan lebih baik, dengan tujuan meningkatkan tingkat disiplin kerja.
PENGARUH E-PROMOSI PADA PLATFORM DIGITAL KULINER TERHADAP PENJUALAN DI RESTO AYAM BAKAR BUMBU DESA Bertha Musty; Ema Meilani; Adil Musty Tamzil
Jurnal Digitalisasi Administrasi Bisnis Vol 1 No 2 (2023): Jurnal Digitalisasi Administrasi bisnis
Publisher : INSTITUT DIGITAL EKONOMI LPKIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak dari strategi e-promosi dalam platform digital kuliner terhadap peningkatan penjualan di Resto Ayam Bakar Bumbu Desa. Melalui pendekatan penelitian kuantitatif, studi ini akan menganalisis data penjualan sebelum dan setelah penerapan kampanye e-promosi untuk mengukur perubahan yang terjadi. Metode survei dan analisis data statistik akan digunakan untuk mengevaluasi efektivitas kampanye promosi dalam meningkatkan jumlah pelanggan, frekuensi kunjungan, serta volume penjualan. Penelitian ini juga akan mempertimbangkan pandangan pelanggan melalui kuesioner untuk memahami persepsi mereka terhadap kampanye e-promosi yang dilakukan oleh Resto Ayam Bakar Bumbu Desa. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang mendalam tentang efektivitas strategi e-promosi di platform digital kuliner terhadap penjualan restoran. Implikasi dari temuan ini diharapkan dapat memberikan panduan bagi pemilik usaha kuliner dalam mengoptimalkan promosi online untuk meningkatkan daya tarik dan penjualan produk mereka di tengah persaingan pasar yang semakin ketat dalam industri makanan dan minuman.

Page 1 of 1 | Total Record : 10