Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 3 No. 2 (2022): Edisi Mei 2022

Program Psikoedukasi Dalam Meningkatkan Pengetahuan Pencegahan Bullying Bagi Remaja

Citra Marhan (Universitas Halu Oleo)
Astri Yunita (Universitas Halu Oleo)
Yuliastri Ambar Pambudhi (Universitas Halu Oleo)
Ida Sriwaty Sunarjo (Universitas Halu Oleo)
, Laode Surazal Qalbi (Universitas Halu Oleo)
Muhamad Abas (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
31 May 2022

Abstract

Kegiatan ini merupakan kegiatan psikoedukasi dalam meningkatkan pengetahuan pencegahan tindakan bullying bagi Remaja. Sasaran kegiatan ini adalah remaja yang saat ini duduk di bangku SMP baik yang pernah mengalami tindakan bullying ataupun yang tidak pernah mengalami tindakan bullying. Kegiatan ini dilakukan dengan metode pemberian psikoedukasi, dimana sebelum pelaksanaan psikoedukasi peserta mengisi pre-test untuk mengukur sejauhmana pemahaman awal terkait materi yang diberikan, dan setelah diberi psikoedukasi, peserta diminta lagi untuk mengisi post-test untuk melihat ada atau tidaknya perubahan pamahaman. Perubahan pengetahuan yang diukur melalui angket, pretest dan posttest kemudian dianalisis paired t-test, menunjukkan adanya perubahan pengetahuan dengan nilai p-value 0.000. Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat perubahan yang signifikan, dimana intervensi atau kegiatan psikoedukasi yang diberikan setelah pre-test menunjukkan adanya perubahan pemahaman dan pengetahuan bagi peserta terkait materi bullying yang diberikan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Education

Description

Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat memiliki Online ISSN: 2714-5778 dan Print ISSN : 2746-4733 dengan DOI: 10.36709/amalilmiah Artikel yang dapat dipertimbangkan untuk dimuat dalam jurnal ini adalah hasil pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang sesuai dengan focus dan ...