Kegiatan ini merupakan kegiatan psikoedukasi dalam meningkatkan pengetahuan pencegahan tindakan bullying bagi Remaja. Sasaran kegiatan ini adalah remaja yang saat ini duduk di bangku SMP baik yang pernah mengalami tindakan bullying ataupun yang tidak pernah mengalami tindakan bullying. Kegiatan ini dilakukan dengan metode pemberian psikoedukasi, dimana sebelum pelaksanaan psikoedukasi peserta mengisi pre-test untuk mengukur sejauhmana pemahaman awal terkait materi yang diberikan, dan setelah diberi psikoedukasi, peserta diminta lagi untuk mengisi post-test untuk melihat ada atau tidaknya perubahan pamahaman. Perubahan pengetahuan yang diukur melalui angket, pretest dan posttest kemudian dianalisis paired t-test, menunjukkan adanya perubahan pengetahuan dengan nilai p-value 0.000. Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat perubahan yang signifikan, dimana intervensi atau kegiatan psikoedukasi yang diberikan setelah pre-test menunjukkan adanya perubahan pemahaman dan pengetahuan bagi peserta terkait materi bullying yang diberikan.
Copyrights © 2022