Jurnal Amal Pendidikan
Vol. 3 No. 3 (2022): Edisi Desember 2022

Analisis Pemahaman Guru dan Siswa Terhadap Etnomatematika Kain Tolaki

Muhammad Ramdhan (Universitas Halu Oleo)
Kadir (Universitas Halu Oleo)
Rahmad Prajono (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman guru dan siswa SMP Negeri 36 Konawe Selatan terhadap etnomatematika kain tolaki. Subjek penelitian ini adalah guru dan seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 36 Konawe Selatan yang terdistribusi dalam 2 kelas. Data hasil penelitian dikumpulkan melalui pemberian instrumen berupa observasi, kuesioner, wawancara, respon bahan ajar, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian, diperoleh kesimpulan pemahaman guru dan siswa SMP Negeri 36 Konawe Selatan terhadap etnomatetika umumnya berada pada kategori pemahaman sedang dengan persentase 76,47%, selain itu respon guru dan siswa terhadap bahan ajar berbasis etnomatematika kain tolaki sangat baik dan dapat digunakan dalam pembelajaran matematika disekolah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Amal Pendidikan has an ISSN that is P-ISSN: 2746-4725 (printed version) and E-ISSN: 2721-3668 (electronic version). Jurnal Amal Pendidikan is published by the Faculty of Teacher Training, and education Universitas Halu Oleo with a period of three times a year in April, August and December. ...