Artikel ini mengkaji penyelenggaraan pendidikan umum di perguruan tinggi. Rumusan masalahnya seputar konsep pendidikan umum di perguruan tinggi berdasarkan perspektif esensialisme. Manfaat teoretis artikel ini yaitu sebagai sumber informasi dalam melengkapi kajian pendidikan umum di perguruan tinggi. Manfaat praktisnya yaitu membantu tenaga pendidik mengembangkan nilai-nilai pendidikan umum dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan studi kepustakaan (library research) sehingga sumber datanya berupa buku dan jurnal yang berkaitan dengan topik yang sedang dibahas. Data dianalisis berdasarkan tinjauan esensialisme dan divalidasi menggunakan triangulasi teori. Kajian ini menghasilkan kontribusi pikiran bahwa pendidikan umum di perguruan tinggi dilaksanakan dengan konsep: (1) pendidikan sebagai upaya membina potensi manusia sehingga penyelenggaraannya dilakukan secara komprehensif; (2) program mata kuliah yang dipilih mahasiswa diselenggarakan dengan terkendali; (3) hakikat manusia menjadi dasar pertimbangan pelaksanaan pendidikan; (4) pengembangan kualitas berpikir menjadi perhatian utama; (5) buku-buku klasik adalah sumber utama belajar; 6)pendidikan dilakukan untuk mencegah atau memberantas fasisme; (7) great book wajib diberikan kepada mahasiswa; dan 8) great book sebagai kunci pemersatu pikiran bangsa; dan 9) jadwal pemberian great book dilakukan di tahun-tahun awal perkuliahan.
Copyrights © 2020