Jurnal Kajian Pendidikan Umum
Vol 17, No 1 (2019): JURNAL KAJIAN PENDIDIKAN UMUM

Internalisasi nilai moral melalui keteladanan guru pada proses pembelajaran di ruang kelas

Indra Gunawan (Universitas Pendidikan Indonesia)
Sofyan Sauri (Universitas Pendidikan Indonesia)
Ganjar Muhammad Ganeswara (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
05 Oct 2020

Abstract

Penguatan pendidikan nilai dalam konteks era global sangat relevan untuk mengatasi krisis moral yang sedang terjadi di negara Indonesia. Diakui ataupun tidak, faktanya krisis moral telah terjadi pada anak-anak yang kelak menjadi penerus bangsa. Melihat betapa krisisnya permasalahan moralitas bangsa Indonesia, maka pendidikan nilai di sekolah menjadi sangat penting untuk dikaji lebih dalam. Proses pembelajaran di ruang kelas merupakan sarana di mana anak menghabiskan waktunya untuk belajar dan berinteraksi. Tidak menutup kemungkinan proses pembelajaran di ruang kelas menjadi sarana yang cocok dan sesuai dalam menginternalisasikan nilai-nilai moral kepada siswa. Tulisan ini bertujuan untuk mengemukakan konsep internalisasi nilai moral pada proses pembelajaran di ruang kelas. Dengan memahami konsep internalisasi nilai moral pada proses pembelajaran di ruang kelas diharapkan dapat mengoptimalkan pendidikan karakter di persekolahan dan juga dapat merangsang penelitian dan pengembangan pendidikan karakter di Indonesia.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

SosioReligi

Publisher

Subject

Religion Social Sciences Other

Description

Socio-Religion is a journal that aims to publish research results on general education and other fields related to encouraging inquiry into the relationship between theoretical and practical studies. Socio Religion, an electronic journal, provides a forum for publishing original research articles, ...