Penelitian ini mengkaji bagaimana komunikasi penggunaan jilbab dilakukan melalui Peer Group atau teman sebaya pada peserta didik usia akil Baligh. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk menjawab dua rumusan masalah yaitu untuk mengetahui pemahaman peserta didik muslimah di SMP Negeri 2 Praya Barat usia akil baligh tentang penggunaan jilbab di sekolah dan luar sekolah dan untuk mengetahui peer group sebagai bentuk komunikasi terhadap prilaku penggunaan jilbab pada peserta didik Muslimah usia akil baligh di SMP Negeri 2 Praya Barat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode deskriptif interaktif yaitu penelitian yang ditandai dengan adanya interaksi antara peneliti dengan yang diteliti. Tehnik pengumpulan data menggunakan tehnik interview, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menggambarkan bahwa peserta didik muslimah akil baligh di SMP Negeri 2 Praya Barat sebagian besar memiliki pemahaman tentang usia akil baligh, ketentuan, dan hukum menggunakan jilbab, sehingga dalam pengamalan sehari-hari dengan kesadaran sendiri dan adanya peserta didik yang masih buka tutup merupakan implikasi dari pemahamannya serta dampak dari peer group.
Copyrights © 2021