Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran
Vol 5, No 1 (2023): Vol 5, No.1, Juli 2023

Pemanfaatan Media Pembelajaran Bigbook untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar

Eriza Putri Ayu Ning Tias (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Koesoemo Ratih (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Santhyami Santhyami (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2023

Abstract

SDN Tanggan 1 Gesi Sragen merupakan sekolah yang termasuk dalam kategori perlu meningkatkan literasi dan numerasi. Kemampuan siswa yang masih kurang dari target yang diharapkan oleh pemerintah khususnya di kelas 1. Ada 3 siswa yang masih belum bisa membaca, sehingga diharapkan dengan adanya media pembelajaran big book ini dapat membantu mereka yang belum bisa membaca dan menumbuhkan minat membaca. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pemanfaatan media pembelajaran big book untuk meningkatkan kemampuan literasi dan minat baca siswa kelas 1 SDN Tanggan 1 Gesi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah siswa kelas satu SD yang masih belum bisa membaca. Penelitian ini dilakukan di salah satu Sekolah Dasar di Kota Sragen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa lebih antusias dalam belajar membaca menggunakan media pembelajaran big book. Pemahaman mereka untuk menjawab pada LKS juga meningkat dibandingkan tidak menggunakan media pembelajaran bigbook.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

bppp

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

Lingkup kajian Buletin ini adalah kegiatan pengenalan lapangan persekolahan yang berupa: 1. Penyusunan perangkat pembelajaran; 2. Pengembangan perangkat pembelajaran; 3. Implementasi perangkat pembelajaran; 4. Inovasi pembelajaran; 5. Pengenalan model-model pembelajaran; 6. Asistensi guru mengajar; ...