Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar
Vol 5 No 2 (2023): Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar

Efektivitas Penggunaan Media Torso terhadap Kemampuan Metakognitif IPA Peserta Didik Kelas V MI Attanmiyatul Ilmiah Makassar

Fajri Basam (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia)
Rosdiana Rosdiana (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia)
Susi Asnita (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kemampuan metakognitif IPA peserta didik sebelum menggunakan media torso, 2) mengetahui kemampuan metakognitif IPA peserta didik setelah menggunakan media torso, 3) menganalisis efektivitas penggunaan media torso terhadap kemampuan metakognitif IPA peserta didik kelas V MI Attanmiytul Ilmiah Makassar. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif jenis eksperimental design dengan desain one group pretest-posttest. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampel jenuh sehingga diperoleh jumlah sampel yaitu 14 peserta didik. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media torso efektif terhadap kemampuan metakognitif IPA peserta didik kelas V MI Attanmiyatul Ilmiah Makassar, dikatakan efektif karena ketiga indikator efektivitas yang dimaksud dalam penelitian ini memenuhi kriteria keberhasilan. Hal ini ditunjukkan dari peningkatan kemampuan metakognitif IPA peserta didik melalui perhitungan n-gain berada pada kategorisasi sedang yaitu sebesar 0,48, kemudian peserta didik yang terlibat aktif dalam pembelajaran sebesar 84% dan peserta didik yang memberikan respons positif terkait penggunaan media torso sebesar 80%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jurnalpendidikandasar

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Papeda: Publikasi Pendidikan Dasar diterbitkan oleh Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong. Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian dan studi tentang Pendidikan Dasar. Artikel yang dimuat dalam jurnal adalah hasil penelitian atau pemikiran bidang ...