Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk kuasi eksperimen yang bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan metode proyek tong sampah terhadap kemampuan sains anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Negeri 1 Padang. Populasi penelitian ini adalah seluruh murid Taman Kanak-kanak Negeri 1 Padang, dengan sampelnya yaitu kelas B3 dan Kelas B4 masing-masingnya berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi terstruktur, dokumentasi, dan wawancara. Kemudian, teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Alat pengumpul data digunakan lembaran pernyataan. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test) menggunakan bantuan aplikasi SPSS 22.0 for Windows. Berdasarkan hasil analisis data penelitian yang dilakukan bahwa kemampuan sains anak usia dini di kelas eksperimen yang menggunakan metode proyek tong sampah lebih tinggi dari kelas kontrol. Rata-rata pre-test kelas eksperimen 11,73 dan kelas kontrol 10,6, sedangkan rata-rata post-test kelas eksperimen 25,00 dan kelas kontrol 18,93. Berdasarkan data pre-test dan post-test didapatlah rata-rata gain score kelas eksperimen 13,27, sedangkan rata-rata gain score kelas kontrol 8,33.
Copyrights © 2023