Educaniora: Journal of Education and Humanities
Vol. 1 No. 1 (2023): March

Tingkat Kepuasan Pemustaka terhadap Layanan Pustakawan di UPT Perpustakaan Politeknik Negeri Padang

Adzkia Rahmadani (Universitas Negeri Padang)
Ardoni Ardoni (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kepuasan pengguna terhadap layanan perpustakaan UPT perpustakaan Politeknik Negeri Padang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi penelitian ini rata-rata pengunjung perpustakaan Politeknik Negeri Padang dan sampelnya adalah 97 responden. Pengambilan sampel ditentukan dengan menggunakan teknik accidental sampling, yaitu teknik pengambilan sampel secara acak yang memungkinkan peneliti mengambil sampel dari orang-orang yang ditemui tanpa melakukan perencanaan sebelumnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepuasan pemustaka terhadap layanan pustakawan di UPT perpustakaan Politeknik Negeri Padang rata-rata 3,22 dalam lima dimensi dengan menggunakan metode pengukuran servqual. Pertama, dimensi tangible rata-rata 3,22, yang merupakan skala positif. Kemudian untuk nilai rata-rata untuk dimensi reliability adalah 3,26 pada skala positif. Ketiga, skor rata-rata untuk dimensi responsiveness berada pada kisaran positif 3,18. Keempat, dimensi assurance mencapai skor rata-rata 3,25 pada skala positif. Kelima, pada skala positif, skor rata-rata untuk dimensi emphaty adalah 3,22.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ec

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science

Description

This interdisciplinary journal focuses on the exchange of research results in education and humanities. Educaniora aims to bridge the gap between pure academic research journals and more practical publications. Fields of interest include, but are not limited to: 1. Indonesian Language Education; 2. ...