Educaniora: Journal of Education and Humanities
Vol. 1 No. 2 (2023): July

Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 16 Padang

Annisa Melani (Universitas Negeri Padang)
Erizal Gani (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
28 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil implementasi Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 16 Padang. Subjek dalam penelitian ini adalah bapak/ibu guru mata pelajaran Bahasa Indonesia, kepala sekolah, wakil kurikulum, guru pendidik lain dan juga peserta didik di SMP Negeri 16 Padang. Data dalam penelitian ini berupa data primer dan data sekunder. Sumber data dalam penilitian ini ada tiga. Pertama, kepala sekolah SMP Negeri 16 Padang. Kedua, wakil kurikulum SMP Negeri 16 Padang. Ketiga, guru bahasa Indonesia kelas VII SMPN 16 Padang. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, penerapan Kurikulum Merdeka yang dilakukan oleh guru Bahasa Indonesia di SMP Negeri 16 Padang belum maksimal. Kedua, guru bahasa Indonesia mengalami kesulitan mengubah mindset atau pola pikir terkait kebiasaan lamanya dalam mengajar. Ketiga, guru harus memperluas pengetahuan dan mencoba hal-hal baru termasuk melakukan memvariasikan metode-metode dalam pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ec

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science

Description

This interdisciplinary journal focuses on the exchange of research results in education and humanities. Educaniora aims to bridge the gap between pure academic research journals and more practical publications. Fields of interest include, but are not limited to: 1. Indonesian Language Education; 2. ...