Pada saat sekarang ini metakognisi siswa masih dikatakan rendah. Oleh karena itu, Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis metakognisi siswa berdasarkan self-confidence siswa yang dilihat dari pemahaman konsep matematika. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subyek penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Batukliang. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan kuesioner. Teknik Analisis data dilakukan dengan tiga tahapan menurut Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis data, dinyatakan bahwa semakin baik metakognisi siswa dan self-confidence siswa maka semakain baik pemahaman konsep siswayang artinya siswa yang pemahaman konsepnya tinggi siswa tersebut memiliki metakognisi yang tinggi. Sehingga dikatakan bahwa metakognisi siswa yang tinggi dapat menumbuhkan self-confidence siswa dan juga pemahaman konsep siswa menjadi tinggi, dan itu artinya metakognisi memiliki peran penting untuk mencapai suatu hasil yang maksimal dan mendorong kemampuan siswa itu sendiri.
Copyrights © 2023