Journal of Educational Technology, Curriculum, Learning, and Communication
Vol 2, No 1 (2022): Edisi Januari

Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas 8 SMP Negeri 3 Parepare

Sulfah Muhtar (Universutas Negeri Makassar)
Nurhikmah H Nurhikmah H (Universitas Negeri Makassar)
Pattaufi Pattaufi (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian Pre-Experimental Designs (Non-design) yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Matematika siswa kelas 8 SMP Negeri 3 Parepare. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 3 Parepare. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling sehingga memperoleh sampel sebanyak 28 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Observasi terdiri dari observasi aktivitas guru dan observasi aktivitas siswa. Tes terdiri dari pre-test yang diberikan sebelum pelaksanaan pembelajaran daring dan post-test yang diberikan setelah pelaksanaan pembelajaran daring. Dokumentasi sebagai data pendukung pada penelitian. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan non parametrik wilcoxon signed ranks test (Z). Berdasarkan hasil uji non parametrik wilcoxone signed ranks test (Z) yang diolah menggunakan SPSS 22 for windows diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika siswa kelas 8 SMP Negeri 3 Parepare setelah pelaksanaan pembelajaran daring lebih tinggi dibanding sebelum pelaksanaan pembelajaran daring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Matematika siswa kelas 8 SMP Negeri 3 Parepare.Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Hasil Belajar

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JETCLC

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

JETCLC (Journal of Educational Technology, Curriculum, Learning, and Communication) adalah jurnal yang memuat tulisan-tulisan berdasarkan hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian, dan implementasi kajian dan praktik etis untuk memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja di bidang ...