Penelitian ini adalah penelitian Pre-Experimental Designs (Non-design) yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Matematika siswa kelas 8 SMP Negeri 3 Parepare. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 3 Parepare. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling sehingga memperoleh sampel sebanyak 28 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Observasi terdiri dari observasi aktivitas guru dan observasi aktivitas siswa. Tes terdiri dari pre-test yang diberikan sebelum pelaksanaan pembelajaran daring dan post-test yang diberikan setelah pelaksanaan pembelajaran daring. Dokumentasi sebagai data pendukung pada penelitian. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan non parametrik wilcoxon signed ranks test (Z). Berdasarkan hasil uji non parametrik wilcoxone signed ranks test (Z) yang diolah menggunakan SPSS 22 for windows diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika siswa kelas 8 SMP Negeri 3 Parepare setelah pelaksanaan pembelajaran daring lebih tinggi dibanding sebelum pelaksanaan pembelajaran daring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Matematika siswa kelas 8 SMP Negeri 3 Parepare.Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Hasil Belajar
Copyrights © 2022