Journal of Educational Technology, Curriculum, Learning, and Communication
Vol 2, No 1 (2022): Edisi Januari

Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Siswa SMPN 3 Kahu

Isna Wati Amir (UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR)
Abdul Hakim (Universitas Negeri Makassar)
Nurhikmah H Nurhikmah H (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2022

Abstract

Evaluasi merupakan bagian yang sangat penting dalam pendidikan. Kebutuhan pada media evaluasi berbasis quizizz ini sesuai dengan kenyataan bahwa perlu adanya alat evaluasi yang menarik untuk di gunakan demi mempermudah proses evaluasi pada mata pelajaran  Bahasa Indonesia kelas VII di Smp 3 Kahu. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Mengetahui bagaimana dan (2) Mengetahui bagaimana tingkat kevalidan dan kepraktisan alat evaluasi pembelajaran berbasis mobile learning pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas VII Smp 3 Kahu. Jenis penelitian ini (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Data yang di olah nantinya berbantuk deskriptif kuantitatif. Data kuantitatif di peroleh dari angket yang di berikan kepada validator materi, validator media dan Desain, guru pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII, dan siswa kelas VII C berjumlah 21 siswa. Sedangkan data kuantitatif di peroleh dari kritik dan saran yang di berikan oleh validator dan pengguna. Hasil validasi dari ahli materi dengan kriteria sangat valid. Hasil validasi oleh ahli media memperoleh dengan kriteria valid. Hasil uji coba dan hasil uji lapangan soal di karegorikan valid semua dengan reliabilitas yang di peroleh pada tahap pertama di kategorikan tidak reabel dan pada tahap uji lapangan di kategorikan reabel. Pada penilaian peserta didik memperoleh dengan kriteria menarik.Kata Kunci: Evaluasi; Quizizz

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JETCLC

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

JETCLC (Journal of Educational Technology, Curriculum, Learning, and Communication) adalah jurnal yang memuat tulisan-tulisan berdasarkan hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian, dan implementasi kajian dan praktik etis untuk memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja di bidang ...