Journal of Knowledge Management
Vol 16, No 1 (2022): Journal Of Knowledge Management

Analisis Faktor-Faktor yang Mendorong Keputusan Pembelian Konsumen Produk Edukasi PT. Tigaraksa Satria di Garut

Rahma Anisatul Masriyah (Universitas Garut)
Rohimat Nurhasan (Universitas Garut)
Deri Alan Kurniawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini membahas hal faktor-faktor apa saja yang mendorong keputusan pembelian terhadp produk edukasi PT. Tigaraksa pada populasi semua konsumen ataupun reseller produk Al-Qolam PT. Tigaraksa dengan sempel sebanyak 96 responden dengan memakai metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan memakai teknik wawancara dan penyebaran kuesioner. Teknik pengolahan data diuji memakai validitas, reliabilitas, serta analisis faktor dengan bantuan aplikasi Software Microsoft Excel serta IBM SPSS 26. Berdasarkan hasil yang ditemukan dalam penelitian keputusan pembelian pada produk edukasi Al-Qolam diakatakan baik. Dan untuk hasil analisa faktor didapat faktor-faktor yang mendorong keputusan pembelian konsumen menggunakan tiga faktor baru yaitu (1) faktor pilihan produk yang terdiri dari harga sesuai manfaat, merupakan produk terkenal, penawaran harga promo, dan memberikan garansi produk. (2) Faktor pilihan penyalur yang terdiri dari rekomendasi teman, memiliki variasi/jenis yang beragam, memiliki fitur-fitur yang menarik, pelayan EPC yang baik,serta kebutuhan akan pendidikan anak. (3) faktor pilihan merek yang terdiri dari teknologi modern, memberikan service gratis bagi setiap garansi, dan membutuhkan akan produk edukasi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JKM

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Journal of Knowledge Management is a scientific media aimed at helping accelerate the dissemination of scientific information regarding the development of science and research in the management field. Journal of Knowledge Management presents scientific articles, which are built based on research and ...