cover
Contact Name
Wufron
Contact Email
wufron@uniga.ac.id
Phone
+6282240045491
Journal Mail Official
jwa@fekon.uniga.ac.id
Editorial Address
Jl. Raya Samarang No. 52A Telp. (0262) 234857 Fax. (0262) 239126
Location
Kab. garut,
Jawa barat
INDONESIA
Journal of Knowledge Management
Published by Universitas Garut
ISSN : -     EISSN : 29645522     DOI : http://dx.doi.org/10.52434/jkm.v17i1
Core Subject : Economy, Science,
Journal of Knowledge Management is a scientific media aimed at helping accelerate the dissemination of scientific information regarding the development of science and research in the management field. Journal of Knowledge Management presents scientific articles, which are built based on research and conceptual frameworks in the development of accounting science as an analytical tool in decision making.
Articles 50 Documents
Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan (Di Cemara Motor Main Dealer Honda Leles Garut) Deri Alan Kurniawan
Journal of Knowledge Management Vol 12, No 1 (2018): Journal Of Knowledge Management
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jkm.v12i1.612

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan di Cemara Motor Main Dealer Honda Leles Garut. Adapun hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh kepemimpinan dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan di Cemara Motor Main Dealer Honda Leles Garut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Adapun responden pada penelitian ini adalah sebanyak 30 responden. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda menggunakan SPSS From window 20.0. Hasil pengujian secara parsial menunjukan bahwa bahwa kepemimpinan berpengaruh terhadap kinerja karyawan dan motivasi kerja tidak berpengaruh terhadap kinerja karyawan selanjutnya untuk pengujian secara simultan menunjukan bahwa kepemimpinan dan motivasi kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan di Cemara Motor Main Dealer Honda Leles Garut.
Pengaruh Disiplin Kerja dan Job Description terhadap Kinerja Karyawan pada CV. MM Bakery Bekasi Amanda Pratiwi Nugraha; Hilmi Aulawi; Dodi Yudiardi
Journal of Knowledge Management Vol 14, No 1 (2020): Journal Of Knowledge Management
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jkm.v14i1.1656

Abstract

Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan jumlah responden 40 orang. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program aplikasi komputer yaitu SPSS V.20. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan: (1) Terdapat pengaruh positif antara disiplin kerja terhadap kinerja karyawan pada CV. MM Bakery, hal ini ditunjukkan dengan 2,858 > 1,686 (t tabel) sehingga menurut pengujian hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima (2) terdapat pengaruh positif antara job description terhadap kinerja karyawan pada CV. MM Bakery, hal ini ditunjukkan dengan 1,875 > 1,686 (t tabel) sehingga menurut pengujian hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima (3) terdapat pengaruh positif antara disiplin kerja dan deskripsi kerja terhadap kinerja karyawan pada CV. MM Bakery, hal ini ditunjukkan dengan 38.555 > 3.425 (f tabel) sehingga menurut pengujian hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima.
Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk terhadap Kinerja Pemasaran pada Home Industri Pasirkiamis Soviyan Munawar; Tinneke Hermina; Yayu Wijayanti
Journal of Knowledge Management Vol 16, No 2 (2022): Journal of Knowledge Management
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jkm.v16i2.2560

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan orientasi pasar, inovasi produk dan kinerja pemasaran dalam produk peralatan dapur Home Industri Pasirkiamis. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode deskriptif dan asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan penyebaran kuesioner pada 97 responden, untuk analisis data peneliti menggunakan analisis regresi linier berganda, dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa variabel orientasi pasar dan inovasi produk berpengaruh signifikan secara simultan terhadap kinerja pemasaran yang menggunakan produk peralatan dapur Home Industri Pasirkiamis.
Electronic Word Of Mouth dan Persepsi Risiko terhadap Minat Beli pada Situs Online Shopee.ID Hadi Muis Maulana Putra; Budiman Budiman; Fitrin Rawati Suganda
Journal of Knowledge Management Vol 13, No 1 (2019): Journal Of Knowledge Management
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jkm.v13i1.2173

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh electronic word of mouth dan persepsi risiko terhadap minat beli pada situs online Shopee.ID. Responden dalam penelitian ini terdiri dari 96 konsumen Shopee di Universitas Garut. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian deskriptif dan asosiatif. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan bantuan SPSS 20. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh signifikan electronic word of mouth terhadap minat beli pada situs online Shopee.ID dan terdapat pengaruh signifikan persepsi risiko terhadap minat beli pada situs online Shopee.ID. Sehingga semakin tinggi electronic word of mouth dan semakin rendah persepsi risiko, maka akan mendorong minat pembelian konsumen.
Pengaruh Diferensiasi Harga dan Word Of Mouth terhadap Minat Beli Konsumen pada Toko Daih Collection Garut Asep Somantri; Tinneke Hermina; Kurnaeli Kurnaeli
Journal of Knowledge Management Vol 13, No 2 (2019): Journal Of Knowledge Management
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jkm.v13i2.2194

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Diferensiasi Harga, Word Of Mouth dan Minat Beli Konsumen serta pengaruh Diferensiasi Harga dan Word Of Mouth terhadap Minat Beli Konsumen pada Toko Daih Collection Garut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan metode kausal asosiatif, dimana metode deskriptif digunakan untuk menjelaskan bagaimana kondisi Diferensiasi Harga, Word Of Mouth dan Minat Beli Konsumen, sedangkan metode kausal asosiatif untuk menjelaskan sebab akibat dari ketiga variabel tersebut. Adapun jumlah populasi dalam penelitian ini 96 responden dengan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik aksidental. Sedangkan alat analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi Berganda. Berdasarkan hasil penelitian maka secara keseluruhan tanggapan responden mengenai Diferensiasi Harga, Word Of Mouth, dan Minat Beli Konsumen dapat dikatakan baik, hal ini menunjukkan bahwa pemberian informasi yang disampaikan serta penawaran harga yang diberikan mampu meningkatkan minat beli konsumen terhadap produk Toko Daih Collection Garut. Sedangkan berdasarkan pengujian hipotesis yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa secara signifikan Diferensiasi Harga berpengaruh terhadap Minat Beli, Word Of Mouth berpengaruh terhadap Minat Beli, dan secara bersama-sama Diferensiasi Harga dan Word Of Mouth berpengaruh terhadap Minat Beli Pada Toko Daih Collection Garut.
Analisis Faktor-Faktor yang Mendorong Keputusan Pembelian Konsumen Produk Edukasi PT. Tigaraksa Satria di Garut Rahma Anisatul Masriyah; Rohimat Nurhasan; Deri Alan Kurniawan
Journal of Knowledge Management Vol 16, No 1 (2022): Journal Of Knowledge Management
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jkm.v16i1.2129

Abstract

Penelitian ini membahas hal faktor-faktor apa saja yang mendorong keputusan pembelian terhadp produk edukasi PT. Tigaraksa pada populasi semua konsumen ataupun reseller produk Al-Qolam PT. Tigaraksa dengan sempel sebanyak 96 responden dengan memakai metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan memakai teknik wawancara dan penyebaran kuesioner. Teknik pengolahan data diuji memakai validitas, reliabilitas, serta analisis faktor dengan bantuan aplikasi Software Microsoft Excel serta IBM SPSS 26. Berdasarkan hasil yang ditemukan dalam penelitian keputusan pembelian pada produk edukasi Al-Qolam diakatakan baik. Dan untuk hasil analisa faktor didapat faktor-faktor yang mendorong keputusan pembelian konsumen menggunakan tiga faktor baru yaitu (1) faktor pilihan produk yang terdiri dari harga sesuai manfaat, merupakan produk terkenal, penawaran harga promo, dan memberikan garansi produk. (2) Faktor pilihan penyalur yang terdiri dari rekomendasi teman, memiliki variasi/jenis yang beragam, memiliki fitur-fitur yang menarik, pelayan EPC yang baik,serta kebutuhan akan pendidikan anak. (3) faktor pilihan merek yang terdiri dari teknologi modern, memberikan service gratis bagi setiap garansi, dan membutuhkan akan produk edukasi.
Pengaruh Media Sosial dan Online Customer Reviews terhadap Keputusan Pembelian Produk @Piscokk.Id Leli Kustiani; Dody Hermana; Kurnaeli Kurnaeli
Journal of Knowledge Management Vol 14, No 2 (2020): Journal Of Knowledge Management
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jkm.v14i2.2210

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial dan online customer review terhadap keputusan pembelian produk @piscokk.id. Penelitian ini dilakukan terhadap mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Garut. Populasi pada penelitian ini berjumlah 1.757 orang, dan dilakukan pengambilan sampel sebanya 95 orang. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui observasi, penelitian lapangan, dan tinjauan pustaka. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil pengolahan data menunjukan bahwa media sosial dan online customer review berpengaruh terhadap keputusan pembelian secara simultan dan parsial. Maka dari itu, untuk meningkatkan keputusan pemebelian produk @piscokk.id memerlukan peningkatan pada penggunaan media sosial dan online coustomer review. Oleh karena itu, untuk meningkatkan penggunaan media sosial Piscokk.id sebaiknya memanfaatkan media sosial lebih aktif lagi untuk berinteraksi dengan konsumen dan lebih sering mengunggah video atau ulasan dari konsumen sebagai bentuk online customer review.
Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan Wisata Domba Adu Di Desa Rancabango Tarogong Kaler Garut Desi Qori'ah; Marti Dewi Ungkari; Husni Muharam
Journal of Knowledge Management Vol 13, No 2 (2019): Journal Of Knowledge Management
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jkm.v13i2.635

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengembangan pariwisata berkelanjutan “sustainable tourism developement” pada wisata Domba Adu desa Rancabango Traogong Garut. Domba Adu di daerah ini terkenal gagah dan petarung, sehingga keberadaan Domba Adu tersebut tidak hanya sekedar sebagai domba adu tetapi semakin ikonik dan menjadi daya tarik pariwisata. Metode yang digunakan yaitu deskriptif analisis. Teknik penentuan informan dalam penelitian ini adalah purposive sampling, sedangkan metode pengumpulan data menggunakan wawancara semi-terstruktur dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi, data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan / verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan Pariwisata berkelanjutan di desa ini menunjukan kondisi yang baik terutama pada dimensi 1) terjaganya nilai ekologi; 2) Terpeliharanya sosial dan budaya; (3) keberlanjutan ekonomi. Kata kunci: Pariwisata Berkelanjutan, Parwisata Domba Adu
Pengaruh Koordinasi dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PDAM Tirta Intan Kabupaten Garut Kantina Dewi Aprilia; Dodi Yudiardi; Alam Avrianto
Journal of Knowledge Management Vol 14, No 1 (2020): Journal Of Knowledge Management
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jkm.v14i1.1642

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis berapa besar pengaruh variabel Koordinasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada PDAM Tirta Intan Kabupaten Garut. Jenis penelitian ini, yaitu penelitian deskriptif dengan data kuantitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan menggambarkan secara tepat hal-hal yang sedang dihadapi serta menarik kesimpulan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data  sekunder, teknik pengambilan sampel probability sampling menggunakan Stratifikasi Sampel dengan hasil responden sebanyak 81 orang karyawan di PDAM Tirta Intan Kabupaten Garut. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini, yaitu analisis regresi linier berganda. Dari hasil pengolahan data dan pengambilan hipotesis dapat disimpulkan secara deskriptif bahwa koordinasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan berkategori kurang baik, artinya koordinasi dan lingkungan kerja lebih ditingkatkan dan diperhatikan maka kinerja karyawan akan baik dan meningkat. Sedangkan secara kuantitatif terdapat pengaruh signifikan koordinasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan PDAM Tirta Intan Kabupaten Garut.
Manajemen Pelayanan Perijinan Sektor Penataan Ruang untuk Rumah Tinggal di Kabupaten Sumedang Hasbi Shiddiq Fauzan
Journal of Knowledge Management Vol 17, No 1 (2023): Journal Of Knowledge Management
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jkm.v17i1.3074

Abstract

Pelayanan izin penataan perumahan di Kabupaten Sumedang masih belum maksimal. Hal ini menyebabkan terjadinya penyalahgunaan layanan perizinan konsolidasi yang diberikan. Metode penelitian ini terdiri dari penggunaan metode deskriptif analitis dengan pendekatan kualitatif. Penggunaan metode tersebut dilatarbelakangi oleh pemikiran bahwa tujuan ini adalah untuk memaparkan hasil dan mendalami dari segi kualitatif pelayanan diukur dari kualiatas perizinan bidang penataan ruang permukiman di Kabupaten Sumedang. Pelayanan izin tata guna lahan perumahan di Kabupaten Sumedang yang dilakukan kurang terlaksana dengan baik dari segi kualitasnya. Kurangnya akuntabilitas pegawai dalam pemberian pelayanan disebabkan oleh tidak jelasnya standar dan prosedur pelayanan serta tata cara pengaduan bagi pengguna pelayanan publik.