Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi
Vol. 8 No. 3 (2023): EDISI JULI

STRATEGI PENANGANAN KOMPLAIN HUMAS MARKETING RS PANTI RAHAYU PURWODADI MELALUI EDUKASI DENGAN PENDEKATAN BUDAYA JAWA

Damianus Sissigi (Universitas Kristen Satya Wacana)
Rini Darmastuti (Universitas Kristen Satya Wacana)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2023

Abstract

Layanan kesehatan memiliki divisi hubungan masyarakat yang bisa dianggap penting dalam menjalan tugasnya. Tugas humas sendiri salah satunya adalah menangani komplain konsumen terhadap instansinya. RS Panti Rahayu merupakan salah satu rumah sakit swasta terbesar di Purwodadi Grobogan yang memiliki bagian Humas Marketing dengan salah satu perannya menangani komplain pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan strategi penanganan complain, strategi edukasi seperti apa yang sudah dilakukan, dan strategi edukasi dalam penanganan complain dengan menggunakan pendekatan budaya Jawa. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan studi kasus sebagai desain penelitian dan bagian Humas Marketing RS Panti Rahayu sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan Penanganan komplain selama ini berdasarkan adanya keluhan pasien yaitu lamanya antrian pendaftaran dan pengambilan obat, ketepatan jam dokter, serta beberapa keluhan lainnya. Strategi edukasi dalam proses penanganan komplain yang dilakukan dengan memberikan penjelasan, pengklarifikasian, permintaan maaf, dan solusi terhadap masalah yang dikeluhkan oleh pasien. Dalam upaya pendekatan dengan budaya Jawa, edukasi yang dilakukan kepada pasien juga memperhatikan karakteristiknya, status Pendidikan dan tingkat ekonomi, jenjang usia, serta asal daerah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Arts Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health Social Sciences

Description

Scope of the Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi covers communication management, mass media (TV, Radio, Newspapers), public relations, marketing communications, political communication, organizational communication, cultural communication, online media and ...