Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi
Vol. 8 No. 3 (2023): EDISI JULI

KOMUNIKASI PARTISIPATIF MASYARAKAT BAJO MOLA RAYA DALAM PENGEMBANGAN DESA DI KABUPATEN WAKATOBI

Wa Ode Sitti Nurhaliza (Universitas Bhayangkara Jakarta Raya)
Syahrul Hidayanto (Universitas Bhayangkara Jakarta Raya)
La Tarifu (Universitas Halu Oleo)
Qurrota Ayuningtyas (Universitas Bhayangkara Jakarta Raya)
Cici Rahma Fauziah (Universitas Bhayangkara Jakarta Raya)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2023

Abstract

Pendekatan komunikasi partisipatif dalam proses pembangunan dapat dijadikan salah satu rujukan untuk memaksimalkan partisipasi masyarakat. Masyarakat harus dilibatkan dan diikutsertakan dalam perencanaan program pembangunan desa. Partisipasi masyarakat menjadi penting sebab, masyarakat dalam pembangunan ditempatkan sebagai “objek pembangunan” bukan sebagai “subjek pembangunan”. Penelitian ini berfokus pada bentuk komunikasi partisipatif masyarakat Mola Raya dalam pengembangan desa dan faktor pendukung partisipasi masyarakat  Mola Raya dalam pengembangan desa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Komunikasi partisipasi masyarakat Mola Raya dalam pengembangan Desa dilakukan dalam berbagai kegiatan. Bentuk partisipasi berupa keterlibatan masyarakat Mola Raya dalam perencanaan, pelaksaanan dan evaluasi program pengembangan desa. Selain itu, keterlibatan masyarakat juga nampak dalam pemberdayaan masyarakat Mola Raya seperti pelatihan kapasitas ibu-ibu penjahit, ibu-ibu PKK, edukasi dan promosi kesehatan stunting dan pendampingan pengolahan hasil laut seperti produksi abon ikan.  Faktor pendukung komuniksi partisipasi masyarakat Mola Raya dalam pengembangan desa meliputi faktor ekonomi (upaya meningkatkan pendapatan keluarga), tersedianya akses informasi pengembangan desa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Arts Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health Social Sciences

Description

Scope of the Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi covers communication management, mass media (TV, Radio, Newspapers), public relations, marketing communications, political communication, organizational communication, cultural communication, online media and ...