Journal Papyrus : Sosial, Humaniora, Perpustakaan dan Informasi
Vol. 2 No. 4 (2023): Juli 2023

UPAYA MENINGKATKAN MINAT BACA ANAK-ANAK DI YAYASAN PONDOK PENUAI INDONESIA

Susi Yuliyani A Susi Yuliyani A (Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga)
Elizabeth Sri Lestari (Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga)
Tintien Koerniawati (Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang bagaimana minat baca anak-anak di Yayasan Pondok Penuai Indonesia dan upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan minat baca. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif yaitu mendeskripsikan seperti apa minat baca yang dimiliki anak-anak. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, triangulasi dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah minat baca yang rendah disebabkan oleh kurangnya kesadaran akan membaca dari dalam diri anak itu sendiri dan kurangnya dukungan dari lingkungan keluarga, sekolah, bahkan lingkungan masyarakat. Faktor lain seperti dari perpustakaan yang kurang memperhatikan minat baca dan tidak menyediakan kebutuhan pengguna perpustakaan juga dapat membuat minat baca berkurang. Selanjutnya, upaya yang dapat dilakukan adalah para orang tua dapat mengajarkan anak-anaknya untuk terus membaca dan memberikan dukungan serta motivasi. Perpustakaan juga dapat membantu dengan cara menyediakan bahan bacaan yang sesuai dengan kebutuhan anak-anak, terus menyediakan bahan bacan yang terbaru dan pengadaan koleksi digital, dan memberikan fasilitas yang memadai.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Library & Information Science Social Sciences

Description

✔ Digital Library ✔ Bibliometrics ✔ Media and Information Literacy ✔ Digital Literacy ✔ Information Organization ✔ ICT in Library ✔ Data Scientist ✔ System Analist ✔ Curator ✔ Information Technology based of library system developer ✔ Information Retrieval System ✔ ...