Pelayanan Pembuatan Surat Pengantar Nikah Merupakan Salah Satu yang di lakukan di Kantor Kelurahan Ampah Kota. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Kualitas Pelayanan pembuatan Surat Pengantar Nikah dilihat dari aspek Responsiveness pada Kantor Kelurahan Ampah Kota Kecamatan Dusun Tengah Kabupaten Barito Timur, 2) Faktor-faktor yang menghambat pelayanan pembuatan Surat Pengantar Nikah dilihat dari aspek Responsiveness pada Kantor Kelurahan Ampah Kota Kecamatan Dusun Tengah Kabupaten Barito Timur. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik dalam pengumpulan data melalui proses Angket (Kuesioner) disertai dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini adalah mengambil sampel dari masyarakat yang membuat Surat Pengantar Nikah diambil secara acak sebanyak 17 Responden. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan pembuatan Surat Pengantar Nikah dilihat dari aspek Responsiveness pada Kantor Kelurahan Ampah Kota Kecamatan Dusun Tengah Kabupaten Barito Timur dapat dikategorikan “Cukup Responsiveness”. Faktor-faktor yang menghambat kualitas pelayanan pembuatan Surat Pengantar Nikah dilihat dari aspek Responsiveness pada Kantor Kelurahan Ampah Kota Kecamatan Dusun Tengah Kabupaten Barito Timur adalah Sumber Daya Manusia (SDM) dan faktor Pendukung Sistem. Kata Kunci: Kualitas, Pelayanan, Surat Pengantar Nikah, Responsiveness
Copyrights © 2021