SIPARSTIKA: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Teknik
Vol. 2 No. 2 (2023): SIPARSTIKA : Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Teknik

Evaluasi tingkat kerusakan Jalan Menggunakan Metode Pavement Condition Index (PCI) dan Metode Bina Marga : Studi Kasus :Ruas Jalan Tirta Kencana-Pandanwangi

Riduan (Program Studi Teknik Sipil, Universitas Tompotika Luwuk)



Article Info

Publish Date
31 May 2023

Abstract

Evaluasi kondisi jalan merupakan langkah awal yang penting dalam perencanaan pemeliharaan suatu perkerasan. Ada beberapa metode pendekatan yang dapat digunakan dalam melakukan evaluasi penilaian kondisi jalan, dimana diantaranya metode Bina Marga dan metode Pavement Condition Index (PCI). Nilai Metode Bina Marga memilik rentang nilai 0 (nol) sampai lebih dari 7 (tujuh). Sedangkan metode Pavement Condition Index ( PCI ) adalah salah satu system penilaian kondisi perkerasan jalan berdasarkan jenis, tingkatan dan luas kerusakan jalan yang terjadi dam dapat digunakan sebagai acuan dalam usaha pemiliharaan. Nilai PCI memiliki rentangan 0 (nol) sampai dengan 100 (seratus) dengan kriteria sempurna (exellent), sangat baik (very good), dan gagal (failed). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kerusakan jalan pada permukaannya. Dari hasil perhitungan menurut pavement condition index (PCI) pada ruas jalan tirta kencana-pandanwangi menunjukkan bahwa reting terbanyak dari jumlah sampel yaitu reting sempurna (Excellent) sebesar 46,662 % selanjutnya di ikuti dengan reting sangat baik (Very Good) sebesar 6,666 % dan reting baik (good) sebesar 6,666 % dan reting sedang (fair) sebesar 23,331 % dan reting buruk (Poor) sebesar 9,999 % dan reting sangat buruk (Very Poor) sebesar 3,333 % dan yang terakhir dengan reting gagal (failed) sebesar 3,333%. Dari hasil survey sepanjang 1850 km di peroleh luas kerusakan keseluruhan sebesar 68,97 % dengan reting baik (Good). Sementara hasil perhitungan menurut metode bina marga yaitu berupa kerusakan retak pinggir yang mempunyai interval luas total sebesar 0,326 %. Jenis kerusakan berikutnya adalah retak buaya sebesar 0,527 % serta tambalan sebesar 4,69 % dan yang terakhir kerusakan lubang sebesar 36,01 %. Sedangkan nilai prioritas yang di dapatkan adalah 17-(4 + 3 ) = 10 menandakan bahwa jalan tersebut cukup di masukkan dalam program pemeliharaan rutin.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

siparstika

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Electrical & Electronics Engineering Industrial & Manufacturing Engineering Materials Science & Nanotechnology Transportation

Description

SIPARSTIKA: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Teknik diterbitkan pertama pada bulan November 2021 oleh Fakultas Teknik Universitas Tompotika Luwuk. Jurnal ini diterbitkan secara teratur, dua kali setahun yaitu pada bulan Mei dan November. Jurnal ini merupakan media informasi dan komunikasi dari berbagai hasil ...