cover
Contact Name
Purnomo S Hadi
Contact Email
purshadi@untika.ac.id
Phone
+6285241004063
Journal Mail Official
admin@ojs.untika.ac.id
Editorial Address
Jl. Dewi Sartika No. 67 Luwuk Banggai 94714
Location
Kab. banggai,
Sulawesi tengah
INDONESIA
SIPARSTIKA: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Teknik
SIPARSTIKA: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Teknik diterbitkan pertama pada bulan November 2021 oleh Fakultas Teknik Universitas Tompotika Luwuk. Jurnal ini diterbitkan secara teratur, dua kali setahun yaitu pada bulan Mei dan November. Jurnal ini merupakan media informasi dan komunikasi dari berbagai hasil penelitian dan tulisan ilmiah yang dilakukan oleh para praktisi, peneliti dan akademisi di bidang teknik, termasuk teknik elektro dan informatika, teknik geologi dan pertambangan, teknik arsitektur dan perencanaan wilayah dan kota, teknik mesin dan industri, dan teknik sipil dan lingkungan.
Articles 21 Documents
ANALISIS KAPASITAS PARKIR PADA PELABUHAN RAKYAT LUWUK Sri Susilawati; Risno Malumpe
SIPARSTIKA: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Teknik Vol. 1 No. 1 (2021): SIPARSTIKA : Jurnal Ilmiah Ilmu-ilmu Teknik
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Tompotika Luwuk

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (310.777 KB) | DOI: 10.55114/siparstika.v1i1.261

Abstract

Kegagalan dalam mengatasi masalah perparkiran dapat mengakibatkan kemacetan, kenyamanan lingkungan terganggu dan juga mengundang dampak kerawanan yaitu berupa kecelakaan. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan karakteristik dan kapasitas parkir pada pelabuhan rakyat Luwuk. Berdasarkan kinerja parkir tersebut dapat dikemukakan suatu alternatif penanganan sehingga diharapkan akan terwujud area parkir yang lebih nyaman dan teratur. Pada hasil analisis data petak parkir pada kendaraan roda 2 (dua) sebesar 130 petak parkir luas lahan yang dibutuhkan sebesar 195 m² dan pada kendaraan Ringan/ mobil penumpang sebesar 91 petak parkir sebesar 1.137,5 m ² sedangkan pada kendaraan berat/ Truck se besar 11 petak sebesar 467,5 m² dengan total luas lahan yang disediakan untuk keseluruhan petak parkir kendaraan sebesar 1.586 m². Sementara luas lahan parkir yang tersedia di Pelabuhan Rakyat Luwuk sebesar 4.009 m², dengan kata lain luas lahan dipelabuhan rakyat masih dapat menampung jumlah volume kendaraan yang akan menggunakan lahan parkir
AKADEMI MUSIK DENGAN GAYA ARSITEKTUR METAFORA DI KOTA LUWUK Poppy Mangundap; Purnomo S. Hadi
SIPARSTIKA: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Teknik Vol. 1 No. 1 (2021): SIPARSTIKA : Jurnal Ilmiah Ilmu-ilmu Teknik
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Tompotika Luwuk

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (506.38 KB) | DOI: 10.55114/siparstika.v1i1.262

Abstract

Kota Luwuk merupakan salah satu kota di Indonesia yang terletak timur Sulawesi tengah dengan masih kekurangan potensi dalam pengembangan pendidikan dibidang musik, tanpa kita sadari sangat banyak siswa yang mempunyai bakat tetapi tidak di kembangkan, Namun perkembangan yang ada belum sepenuhnya diimbangi dengan sarana dan fasilitas yang tersedia karena masih banyaknya kekurangan dan beberapa kendala yang dihadapi, antara lain masih kurangnya peralatan musik dalam pelaksanaan praktek bermusik, sistem akustikal bangunan yang kurang memadai, tidak adanya ruang-ruang khusus sebagai penunjang pendidikan dan pelayanan akibat ukuran gedung yang sangat kecil dan sempit, ditambah lagi lokasi site yang kurang strategis serta nilai finansial pendidikan yang hanya dapat dijangkau oleh kalangan menengah keatas. Akibatnya banyak pula dari siswa yang ada pada sekolah musik ini yang tidak dapat melanjutkan studi pendidikannya, demikian pula pada wadah pendidikan musik lainnya yang ada di kota Luwuk, Akademi Musik yaitu lembaga pendidikan tinggi yang mendidik tenaga profesional dalam bidang ilmu atau seni musik dimana obyek tidak hanya berfungsi sebagai wadah kegiatan seni musik namun juga berfungsi sebagai lembaga pendidikan tinggi musik dimana pendidikan bersifat formal dan mengarah pada penciptaan tenaga profesional di bidang music, perencanaan Akademi Musik dengan Gaya Arsitektur Metafora Di Kota Luwuk ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam pengembangan pendidikan musik khususnya dalam menciptakan elemen-elemen pendukung bangunan dan fasilitas memadai yang mampu memenuhi kebutuhan sebuah wadah akademi musik serta orientasinya dalam melahirkan tenaga kerja yang mandiri dan menguasai keterampilan yang professional.
KAJIAN PENGELOLAAN SAMPAH DI LUWUK SELATAN KABUPATEN BANGGAI ANDI ALAUDDIN LABASO; Diah Hariyami
SIPARSTIKA: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Teknik Vol. 1 No. 1 (2021): SIPARSTIKA : Jurnal Ilmiah Ilmu-ilmu Teknik
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Tompotika Luwuk

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (321.015 KB) | DOI: 10.55114/siparstika.v1i1.264

Abstract

Pengolahan sampah di Kabupaten Banggai belum maksimal sehingga menimbulkan berbagai permasalahan lingkungan, sehingga perlu solusi penangan pengelolaan sampah 3R (reduce, reuse dan recycle). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan dan solusi pengolahan sampah yang ramah lingkungan di Kabupaten Banggai. Penelitian dilakukan sejak bulan Oktober – November tahun 2017 di Kecamatan Luwuk Selatan, Kabupaten Banggai. Data yang digunakan berupa hasil wawancara dan questioner dari 50 kepala keluarga. Hasil kajian menunjukan bahwa adanya keterbatasan sarana dan prasarana serta belum efektif dan efisiennya pengelolaan sampah. Selain itu, masyarakat belum memahami nilai ekonomis dari hasil pengelolaan sampah.
PEMANFAATAN FLY ASH BATU BARA SEBAGAI BAHAN TAMBAHAN DALAM PEMBUATAN BETON MUTU TINGGI Fahrudin Lahay; Diah Indradewi
SIPARSTIKA: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Teknik Vol. 1 No. 1 (2021): SIPARSTIKA : Jurnal Ilmiah Ilmu-ilmu Teknik
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Tompotika Luwuk

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (255.457 KB) | DOI: 10.55114/siparstika.v1i1.265

Abstract

Dalam pembuatan beton bermutu tinggi dapat memanfaatkan bahan-bahan tambahan (admixtures) untuk mensubtitusi pemakaian semen. Batu bara dalam proses kebutuhan industri menghasil residu berupa abu yang memiliki kandungan silika sebagai bahan baku subtitusi semen Portland. Penelitian bertujuan untuk menganalisis perhitungan campuran (mix design) beton mutu tinggi menggunakan abu terbang (fly ash) sebagai bahan tambahan (admixtures). Eksperimen dilakukan di Laboratorium Beton Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kabupaten Banggai. Proses pembuatan beton mutu tinggi mengacu pada SNI 7656:2012 dan SNI 03-6468-2000. Hasil eksperimen menunjukan penggunaan fly ash batu bara menghasilkan kuat tekan beton rata-rata 79,38 MPa. Hasil ini berdasarkan SNI 03-6468-2000 masuk dalam kategori beton bermutu tinggi yakni beton yang memiliki kuat tekan antara 40 – 80 MPa.
Analisis Model Tarikan perjalanan Pada Kawasan pendidikan di Kota Luwuk (Studi Kasus: Jalan Ki Hajar Dewantara Kelurahan Karathon Kecamatan Luwuk Kabupaten Banggai) Dinar Mardiana Hi. Abdullah
SIPARSTIKA: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Teknik Vol. 1 No. 1 (2021): SIPARSTIKA : Jurnal Ilmiah Ilmu-ilmu Teknik
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Tompotika Luwuk

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (926.842 KB) | DOI: 10.55114/siparstika.v1i1.266

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan model tarikan perjalanan dan mempekirakan banyaknya tarikan yang menuju kawasan pendidikan di kota Luwuk khususnya jalan Ki Hajar Dewantara. Pengambilan data primer pada penelitian ini dilakukan secara random sampling dengan cara membagikan kuisioner kepada siswa/guru di 3 sekolah dengan sampel 97 orang dari total populasi 3.572 orang, sedangkan data sekunder berupa luas lahan, luas bangunan, jumlah kelas, jumlah siswa dan jumlah guru diperoleh dari pihak sekolah. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis regresi linear berganda dengan jumlah tarikan perjalanan total dan berdasarkan masing-masing moda sebagai variabel terikat, sedangkan variabel bebasnya adalah luas lahan, luas bangunan, jumlah kelas, jumlah siswa, jumlah guru, kepemilikan kendaraan, serta memperhitungkan faktor biaya, jarak, dan waktu tempuh transportasi. Hasil dari analisis model menunjukkan bahwa model tarikan perjalanan yang paling dapat merepresentasikan realita yang ada adalah bentuk model untuk perjalanan total dengan bentuk pemodelan Y = -6,806 + (1,583) X3 + (0,361) X4 yang mempunyai nilai R2 sebesar 1,000. Bentuk model untuk tarikan perjalanan dengan berjalan kaki dengan bentuk pemodelan Y = 7,600 + (0,200) X7 + (0,800) X10 yang mempunyai nilai R2 sebesar 1,000.
EVALUASI KINERJA TERMINAL BIAK DI KOTA LUWUK: BIAK TERMINAL PERFORMANCE EVALUATION IN LUWUK CITY SRI SUSILAWATI
SIPARSTIKA: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Teknik Vol. 1 No. 2 (2022): SIPARSTIKA : Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Teknik
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Tompotika Luwuk

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (605.622 KB) | DOI: 10.55114/siparstika.v1i2.388

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui: (1) ketersediaan prasarana di Terminal Biak, (2) kapasitas di Terminal Biak, dan (3) kinerja Terminal Biak di Kota Luwuk. Penelitian ini dilaksanakan di wilayah Kota Luwuk tepatnya di Kecamatan Luwuk Utara, Kabupaten Banggai, Provinsi Sulawesi Tengah. Metode yang digunakan adalah survei lapangan, angket, observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Data yang menggunakan instrumen angket diolah menggunakan skala Guttman dan dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Terminal Biak merupakan salah satu terminal yang ada di Kota Luwuk yang saat ini Terminal Biak merupakan satu-satunya terminal tipe B yang ada di Kota Luwuk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketersediaan lahan dan kebutuhan ruang pada setiap prasarana yang ada di Terminal Biak belum memenuhi persyaratan minimal sebagaimana yang telah diatur dalam Keputusan Menteri Perhubungan Darat Nomor 31 Tahun 1995 untuk terminal tipe B dimana hasil penelitian luas total Terminal Biak 6315,68 m2 masih kurang dari luas standar minimal terminal tipe B yaitu 17.225 m2. Kinerja Terminal Biak saat ini yang di tinjau dari headway dan waktu tunggu angkutan umum belum baik karena belum memenuhi standar dari peraturan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. Saat penelitian didapat headway rata-rata kedatangan sebesar 3,7 menit, headway keberangkatan rata-rata sebesar 3,8 menit, dan waktu tunggu rata-rata sebesar 82,13 menit. Jika dibandingkan dengan ketentuan dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Tahun 1995 maka headway dan waktu tunggu angkutan umum belum memenuhi dengan standar yang telah ditentukan dimana nilai standar untuk headway sebesar 2 menit dan nilai waktu tunggu sebesar 15 menit.
EVALUASI SISTEM DRAINASE PERUMAHAN DI DESA TIRTASARI KECAMATAN TOILI KABUPATEN BANGGAI: EVALUATION OF THE HOUSING DRAINAGE SYSTEM IN TIRTASARI VILLAGE TOILI SUBDISTRICT, BANGGAI REGENCY Riduan Riduan
SIPARSTIKA: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Teknik Vol. 1 No. 2 (2022): SIPARSTIKA : Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Teknik
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Tompotika Luwuk

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (382.272 KB) | DOI: 10.55114/siparstika.v1i2.389

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kapasitas penampang saluran eksisting dan mengetahui arah pengembangan saluran drainase yang berada di desa Tirtasari Kecamatan Toili Kabupaten Banggai. Metode yang digunakan berupa, observasi lapangan, identivikasi masalah dan pengumpulan data primer yang meliputi (data yang diperoleh langsung dari objek yang diteliti dengan cara pengamatan langsung), data sekunder (data yang diperoleh melalui dokumen-dokumen yang berhubungan dengan objek ) dan menggunakan teknik analisa hidrologi dan hidrolika yang berbentuk perhitungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lebar(b)=0,49 m tinggi(h)=0,60m dan panjang saluran (L)=597m, yang didapatkan dari lokasi tinjauan yang menunjukan bahwa nilai kapasitas lebih besar dari pada rencana. Nilai kapasitas 0,908 dan rencana 0,064. Dengan bentuk saluran drainase persegi panjang dan mampu menampung debit rencana selama periode ulang 10 tahun.
PUSAT REHABILITASI KENAKALAN REMAJA DENGAN PENDEKATAN HEALING ENVIRONMENT DI LUWUK: REHABILITATION CENTER JUVENILE DELINQUENCY WITH APPROACH HEALING ENVIRONMENT IN LUWUK Poppy Mangundap; Purnomo S. Hadi
SIPARSTIKA: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Teknik Vol. 1 No. 2 (2022): SIPARSTIKA : Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Teknik
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Tompotika Luwuk

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1500.076 KB) | DOI: 10.55114/siparstika.v1i2.390

Abstract

Jumlah penduduk Kabupaten Banggai dari tahun ketahun semakin meningkat sehingga mengakibatkan persaingan lapangan pekerjaan dan dapat menimbulkan berbagai kejahatan atau permasalahan yang dilakukan para remaja melakukan tindakan kejahatan. Penelitian ini mengkaji pusat rehabilitasi kenakalan remaja dengan pendekatan healing environment sebagai wadah untuk membantu dalam pemulihan kenakalan remaja. Hasil studi menunjukan bahwa konsep perancangan untuk Pusat Rehabilitasi Kenakalan Remaja Dengan Pendekatan Healing Environment di Luwuk didukung dengan penentuan konsep lokasi site, tapak dan bentuk bangunan dengan berlandaskan teori sehingga terciptanya bangunan Pusat Rehabilitasi Kenakalan Remaja Dengan Pendekatan Healing Environment yang baik. Perancangan Pusat Rehabilitasi Kenakalan Remaja Dengan Pendekatan Healing Environment di Luwuk ini memiliki aspek Fungsional, Struktural, dan Estetika yang merupakan kaidah persyaratan Bangunan Arsitektur. Perancangan Pusat Rehabilitasi Kenakalan Remaja Dengan Pendekatan Healing Environment di Luwuk di harapkan memberikan pelayanan yang mendukung dan maksimal yang khusus untuk melayani para remaja yang di lengkapi dengan sarana dan prasarana yang memadai.
Analisis Tarif Angkutan Provinsi Berdasarkan Biaya Operasional Kendaraan Di Masa Pandemi (Trayek Luwuk – Palu): Provincial Transport Price Analysis Based on Vehicle Operation Costs During Pandemi (Luwuk – Palu Tray) Dinar Mardiana Hi. Abdullah
SIPARSTIKA: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Teknik Vol. 1 No. 2 (2022): SIPARSTIKA : Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Teknik
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Tompotika Luwuk

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (267.73 KB) | DOI: 10.55114/siparstika.v1i2.391

Abstract

Dengan adanya sistem transportasi yang baik, maka hal ini di harapkan dapat menunjang berbagai aktivitas ekonomi dalam suatu pembangunan. Untuk itu di butuhkan cara agar transportasi masih tetap berjalan dengan baik pada saat pandemi covid 19 Agar tidak merugikan operator dan masyarakat sebagai pengguna jasa transportasi. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan jumlah Biaya Operasional Kendaraan(BOK) dan tarif brdasarkan perhitungan BOK dan membandingkannya dengan tarif yang berlaku dilapangan. Penelitian ini dilakukan pada PO. Mandiri Pratama, PO. Kesayangan Anda, PO. Gemilang Perkasa yang melayani rute Luwuk – Palu. Data primer dilakukan dengan cara penyebaran kuisioner. Sedangkan data sekunder diperoleh dari instansi terkait. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Biaya operasional kendaraan berdasarkan merek, yaitu merek Hino sebesar Rp. 436,19, Isuzu kanter sebesar Rp. 1.008,65, Isuzu Elf sebesar Rp. 917,15, Mitsubishi sebesar Rp. 459,67, Isuzu Bison sebesar Rp. 823,85, Mitsubishi L.300 sebesar Rp. 487.12 dan isuzu Rp. 496,28. Dan tarif yang dihasilkan lebih kecil di bandingkan yang telah di tetapkan.
ANALISIS JENIS DAN LUAS KERUSAKAN RUAS JALAN PAGIMANA-BIAK BERDASARKAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX Mukhtar Lutfie
SIPARSTIKA: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Teknik Vol. 1 No. 2 (2022): SIPARSTIKA : Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Teknik
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Tompotika Luwuk

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (481.439 KB) | DOI: 10.55114/siparstika.v1i2.392

Abstract

Ruas jalan Pagimana – Biak merupakan jalan provinsi yang menghubungkan ke tempat-tempat pariwisata, industri dan sebagai sarana angkutan pedesaan dan angkutan perkotaan, maka diperlukan perawatan dan perbaikan agar dapat melayani lalu lintas sesuai fungsinya. Studi terhadap kondisi jalan diperlukan sebelum dilakukan perawatan dan perbaikan. Metode yang digunakan meliputi pengumpulan dan pengolahan data kerusakan jalan secara kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kerusakan pada ruas jalan Pagimana-Bunta dengan mengkaji jenis dan luas kerusakan berdasarkan metode PCI. Pelaksanaan penelitian ini meliputi menilai kondisi perkerasan secara visual dengan metode Pavement Condition Index (PCI) dengan membagi ruas jalan Pagimana – Biak sepanjang 1.400 meter, lebar perkerasan jalan 7 m, lebar bahu jalan 1,5 m dan kelandaian jalan 2 %. menjadi 14 sampel unit. Hasil penelitian ini mengetahui jenis kerusakan yang terjadi pada jalan yaitu retak acak, lubang, dan pelepasan butiran. Jenis kerusakan terbesar adalah retak acak dan jalan berlubang, kerusakan yang terjadi di ruas jalan Pagimana - Biak seluas 1522,17 m2 atau 15,5323% terhadap luas total yang diteliti. Perkerasan mampu mendukung beban lalu lintas, jika dilihat rata-rata nilai PCI 81,7143 dengan rating sangat baik (very good), maka kerusakan perkerasan tersebut termasuk dalam kerusakan fungsional. Perbaikan kerusakan dilakukan dengan jenis, lokasi dan tingkat kerusakannya.

Page 1 of 3 | Total Record : 21