Coding Jurnal Komputer dan Aplikasi
Vol 10, No 01 (2022): Edisi April 2022

PERBANDINGAN METODE TEMPLATE MATCHING DENGAN K-NEAREST NEIGHBOUR DALAM IDENTIFIKASI KARAKTER (STUDI KASUS: PADA PLAT KENDARAAN)

Andry Tanu Wijaya (universitas tanjungpura)
Sampe Hotlan Sitorus (universitas tanjungpura)
Uray Ristian (universitas tanjungpura)



Article Info

Publish Date
10 May 2022

Abstract

Identifikasi karakter plat nomor kendaraan merupakan salah satu upaya mempermudah pelacakan plat kendaraan. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu dengan cara mengidentifikasi citra karakter plat nomor kendaraan pribadi dengan keluaran berupa text dan angka. Salah satu permasalahan dalam identifikasi karakter pada plat nomor yang biasa dihadapi adalah identifikasi plat nomor yang masih dilakukan secara manual, Penelitian ini bertujuan membangun aplikasi untuk identifikasi karakter plat nomor kendaraan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Template Matching dengan mencocokan setiap angka dan huruf yang di uji dengan mencari nilai eror terkecil, dan K-Nearest Neighbour dengan mengklasifikasikan nilai tetangga terdekat dari perbandingan data latih yang digunakan dengan membandingkan kedua metode yang digunakan dalam penelitian, metode K-Nearest Neighbour mendapatkan nilai akurasi terbaik dikarenakan hasil yang lebih akurat. Pengujian dilakukan menggunakan 30 data uji, data yang diuji menggunakan 3 varian jarak yaitu 25cm, 75cm, dan 150cm. Setiap jarak diambil 10 data uji dengan keadaan kendaraan tidak bergerak. Berdasarkan hasil pengujian, diperoleh nilai akurasi dalam membaca karakter pada plat kendaraan dengan menggunakan metode Template Matching sebesar 70,4% dan akurasiĀ  dalam membaca plat kendaraan sebesar 3,33%. Adapun nilai akurasi dari metode K-Nearest Neighbour sebesar 74,6% dan akurasi dalam membaca plat kendaraan sebesar 3,33%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jcskommipa

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Coding adalah Jurnal ilmiah elektronik yang mempublikasikan hasil-hasil penelitian di bidang komputer dan sistem informasi. Jurnal Coding memiliki karakteristik khas karena memadukan berbagai cabang dalam bidang Ilmu Komputer, sehingga memiliki artikel yang komprehensif. Jurnal Coding terbit 3 nomor ...