Coding Jurnal Komputer dan Aplikasi
Vol 11, No 1 (2023): Edisi April 2023

IMPLEMENTASI METODE COMPOSITE PERFORMANCE INDEX (CPI) DALAM PENENTUAN CALON PENERIMA BANTUAN PANGAN NON TUNAI (BPNT) (STUDI KASUS: KELURAHAN TAMBELAN SAMPIT)

Syarifah Fatimah Azzahra (Universitas Tanjungpura)
Syamsul Bahri (Universitas Tanjungpura)
Uray Ristian (Universitas Tanjungpura)



Article Info

Publish Date
04 May 2023

Abstract

Bantuan sosial pangan yang diberikan oleh pemerintah Indonesia disebut juga sebagai Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) pada setiap bulan dengan mekanisme perbankan. Untuk mendapatkan BPNT, masyarakat diusulkan oleh ketua RT setempat kepada Kelurahan dengan cara mengisi kuesioner sehingga menjadi calon peserta KPM yang dikelola oleh Dinas Sosial di Kota Pontianak. Guna membantu Kelurahan dalam proses seleksi kelayakan penerima BPNT, diperlukan adanya sistem yang dapat mempermudah dan mempercepat proses penentuan rekomendasi calon penerima bantuan di Kelurahan Tambelan Sampit, Kota Pontianak. Sistem penentuan calon penerima BPNT dapat diselesaikan menggunakan salah satu metode dengan sistem Multiple Criteria Decision Making (MCDM) yang dapat menyelesaikan masalah dengan kriteria yang banyak dan tidak seragam, salah satunya metode Composite Performance Index (CPI). Metode CPI ialah metode yang dapat diaplikasikan dalam penentuan peringkat dari banyak alternatif berdasarkan beberapa kriteria yang tidak seragam dan akan dibedakan menjadi dua jenis kriteria yaitu kriteria tren positif dan negatif. Penentuan peringkat menggunakan metode CPI dilakukan dengan mengurutkan nilai tertinggi hingga nilai terendah, dengan nilai tertinggi sebagai alternatif terbaik. Hasil akhir dari penelitian juga akan dipengaruhi oleh kriteria, tren dan bobot. Hasil penelitian ini merupakan sistem pendukung keputusan dalam penentuan calon penerima BPNT dengan mengimplementasikan metode CPI yang dibangun berbasis website guna mendukung proses seleksi yang lebih efektif dan efisien. Berdasarkan 30 data calon penerima BPNT dan 14 kriteria yang digunakan didapat rekomendasi penentuan calon penerima BPNT dengan ranking pertama A26 dengan nilai indeks alternatif 8400.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jcskommipa

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Coding adalah Jurnal ilmiah elektronik yang mempublikasikan hasil-hasil penelitian di bidang komputer dan sistem informasi. Jurnal Coding memiliki karakteristik khas karena memadukan berbagai cabang dalam bidang Ilmu Komputer, sehingga memiliki artikel yang komprehensif. Jurnal Coding terbit 3 nomor ...