Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA
Vol. 5 No. 1 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN POINT – COUNTER - POINT

Lia Afriyanti Nasution (Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah)
Rofiqoh Hasan Harahap (Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2020

Abstract

Fisika merupakan salah satu bidang ilmu yang penting bagi peserta didik dan dipelajari mulai dari jenjang SMP hingga SMA. Siswa mempelajari fisika dalamrangka mengembangkan keterampilan memecahkan permasalahan yang terkait dengan fenomena alam dalam kehidupan. Pembelajaran fisika tidak hanya sebatas pada mempelajari fakta-fakta dan teori, namun pembelajaran fisika juga memerlukan kegiatan penyelidikan untuk menemukan fakta-fakta baru, baikmelalui observasi maupun eksperimen, sebagai bagian dari kerja ilmiah yang melibatkan keterampilan proses yang dilandasi sikap ilmiah. Model pembelajarankelompok adalah rangkaian kegiatan belajar yang dilakukan oleh siswa dalam kelompok – kelompok tertentu untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telahdirumuskan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat bahwa yang meningkatkan Hasil belajar siswa bukan hanya dari pemilihan model sajamelainkan dari bagaimana cara kita menentukan strategi pembelajaran yang dipilih harus berkaitan erat terhadap model yang digunakan oleh guru. Tujuanpenelitian ini adalah untuk meningkatkan Hasil belajar siswa dengan mengkolaborasikan Strategi dengan Model Pembelajaran. Metode penelitian yangdigunakan adalah metode Kuantitatif. Penelitian kuantitatif lebih menekankan pada fenomena – fenomena objektif dan maksimalisasi objektivitas, desainpenelitian pada metode ini dilakukan dengan menggunakan angka – angka, pengolahan statistik, struktur dan percobaan terkontrol. Hasil penelitian yangtelah diuraikan pada bab sebelumnya tentang pengaruh strategi pembelajaran point counter point terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran fisika siswa kelas IX IPA SMA Al Washliyah – 3 Medan menunjukkan bahwa bahawa terdapat pengaruh strategi pembelajaran.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JP2MIPA

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Physics Other

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA (JP2MIPA) merupakan jurnal ilmiah peer-review yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah yang memuat publikasi hasil penelitian maupun kajian literatur di bidang Pendidikan Matematika, Pendidikan IPA, ...