Pembelajaran matematika memperhatikan aspek pengetahuna, keterampilan dan sikap agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Berdasarkan pengamatan di kelas IV SDN Gunungsari 1 Surabaya yang menunjukkan hasil belajar matematika yang rendah pada materi jaring-jaring kubus dan balok, akan dilakukan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan media konkret untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi tersebut. Penelitian ini memiliki jenis penelitian tindakan kelas kolaboratif (PTKK), yang melibatkan kerjasama antara dosen, guru pamong, dan peserta didik dalam memperbaiki masalah kegiatan belajar-mengajar di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rerata tes peserta didik meningkat dari 55,66 pada pra-siklus menjadi 80,57 pada siklus 2, dan tingkat ketuntasan terus mengalami penambahan dari 9% pada pra siklus menjadi 90,9% pada siklus 2. Oleh karena itu, pembelajaran pada siklus 3 tidak perlu dilakukan karena kriteria ketuntasan sudah terpenuhi. Dengan demikian, penggunaan media konkret merupakan media yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam materi tersebut.
Copyrights © 2023