Penelitian ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV di UPT SDN 166 Gresik dengan penerapan model Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas kolaboratif yang melibatkan 19 siswa, dan dilaksanakan dalam dua siklus. Data dikumpulkan melalui observasi dan dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Keberhasilan penelitian diukur berdasarkan peningkatan rata-rata nilai peserta didik dalam kelas dari siklus I dan II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model PjBL secara positif mempengaruhi hasil belajar peserta didik di mana terjadi peningkatan rata-rata nilai peserta didik dari 60 pada pra siklus menjadi 68 pada siklus I dan 92 pada siklus II. Terjadi peningkatan signifikan dalam persentase pencapaian hasil belajar siswa dari 63,1% pada siklus pertama menjadi 100% pada siklus kedua, sehingga hipotesis penelitian dapat diterima. Dapat disimpulkan bahwa model PjBL merupakan alternatif model pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik dan dapat digunakan oleh guru.
Copyrights © 2023