Kemampuan literasi matematika merupakan kemampuan yang dimiliki oleh individu, tidak hanya pengetahuan konseptual, akan tetapi dapat memahami prosedur pemecahan masalah, mengetahui fakta juga dapat menerapkan pengetahuan konsep dan masalah matematika. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan tingkat atau level kemampuan literasi matematika SMK PASIM PLUS Sukabumi pada gaya kognitif Field Dependent dan Field Independent. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriftif (kualitatif). Dengan metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus (Case Study). Penelitian ini mengambil 6 subjek dari masing – masing kategori gaya kognitif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes GEFT, Soal tes literasi matematika, wawancara, dokumentasi serta triangulasi dan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu editing, klasifikasi, verifikasi, analisis dan pembuatan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukan bahwa setiap kategori gaya kognitif Filed Dependent dan Field Independent itu berbeda yang dimana subjek field dependent memiiki kemampuan literasi matematika di level – 3 dan level - 1. Sedangkan subjek field independent memiliki kemampuan literasi matematika pada level – 3, level – 2 dan level - 1. Seluruh hasil tersebut berdasarkan hasil analisis dari tes beserta wawancara yang diharapkan data ini akan menjadi acuan untuk penelitian berikutnya.
Copyrights © 2023