JURNAL PENDIDIKAN DASAR FLOBAMORATA
Vol. 4 No. 2 (2023): Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata

Efektivitas Model Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Oebafok

Ferawati Mone (Universitas Nusa Cendana)
Andriyani A. Dua Lehan (Universitas Nusa Cendana)
Netty E. A. Nawa (Universitas Nusa Cendana)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2023

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada efektivitas yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan menggunkan model project based learning tentang materi sistem peredaran darah pada manusia kelas V SD Negeri Oebafok Kabupaten Rote Ndao. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif yaitu pre-experimental design secara khusus penelitian ini menggunakan rancangan penelitian one-group prettest-posttest design. Sampel yang digunakan peneliti sebanyak 20 siswa yang terdapat pada kelas V. Data yang dianalisis dalam penilitian ini adalah hasil belajar IPA yang di kumpulkan melalui tes pretest dan posttest, hasil penilitian yang dilakukan peniliti menunjukkan bahwa adanya perbandingan dari rata-rata posttest sebesar 78,20 > dari rata-rata nilai prestest yaitu 57,20. Selanjutnya hasil pengujian dianalisis menggunakan teknik analisis statistic paired samples test dibuktikan bahwa hasil perhitungan uji-t memiliki nilai t test sebesar 13,178 lebih besar (˃) dari nilai t tabel 12, 621 pada taraf signifikansi 95% dan d.f 19 = 1.729. Jadi berdasarkan kritetia keputusan penerimaan/penolakan maka Ho ditolak dan Hα diterima. Peniliti menyimpulkan bahwa terdapat efektivitas yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi IPA tentang sistem peredaran darah pada manusia sebelum meggunakan dan sesudah menggunakan model project based learning.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdf

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Focus dan scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes original empirical investigation. The papers may ...