JURNAL PENDIDIKAN DASAR FLOBAMORATA
Vol. 4 No. 2 (2023): Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata

Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui media Reading Spinner dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar

Intan Yunika Lintang Putri (Universitas Muhammadiyah Sukabumi)
Arsyi Rizqia Amalia (Universitas Muhammadiyah Sukabumi)
Iis Nurasiah (Universitas Muhammadiyah Sukabumi)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas 1 Sekolah Dasar. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas 1 Sekolah Dasar menggunakan media reading spinner. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bekerjasama dengan wali kelas 1 dengan jumlah siswa 20 yang terdiri dari 11 orang siswa laki-laki dan 9 orang siswa perempuan. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model spiral Kemmis dan Mc Taggart terdiri dari beberapa tahapan di antaranya perencanaan (plan), pelaksanaan (act) dan observasi (observe) serta refleksi (reflect). Penelitian ini berlangsung 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 tindakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Indikator ketercapaian dalam penelitian ini dikatakan berhasil jika nilai tes kemampuan siswa sudah mencapai KKM 80% maka penelitian harus di hentikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media reading spinner dalam pembelajaran bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas 1 Sekolah Dasar. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai hasil tes kemampuan membaca permulaan. Berdasarkan hasil prasiklus rata-rata nilai tes kemampuan membaca permulaan siswa 57 dengan kategori kurang. Pada siklus I nilai rata-rata siswa naik menjadi 67,95 dengan kategori cukup. Pada siklus II nilai tertinggi yang diperoleh peserta didik yaitu 96 dan nilai terendah yaitu 65 sehingga mendapatkan rata-rata nilai 83,1 dengan kategori sangat baik. Maka dari itu, penelitian ini dihentikan karena sudah mencapai persentase keberhasilan 80% ( 16 orang siswa tuntas). Hal ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media reading spinner dapat membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdf

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Focus dan scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes original empirical investigation. The papers may ...