Tujuan penelitian ini mengetahui Peran Guru Menggunakan Media Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Di Sanggar Bimbingan Muhammadiyah Kepong Malaysia. Jenis data yang digunakan pada penelitian iniĀ yaitu penelitian kualitatif. Penelitian menghasilkan data Deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang perilaku yang dapat diamati. Adapun subjek penelitian ini adalah Kepala sekolah, Guru dan Siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan media kartu huruf sudah cukup baik untuk mengembangkan keterampilan membaca peserta didik kelas 1 Sanggar Bimbingan Muhammadiyah Kepong Malaysia. Lalu setelah dilakukan perbandingan antara penilaian sebelum dan setelah tindakan penggunaan media kartu huruf, dapat disimpulkan bahwa peran guru dalam menggunakan media kartu huruf dinilai berpengaruh positif dan efektif guna meningkatkan kemampuan membaca peserta didik kelas 1 Sanggar Bimbingan Muhammadiyah Kepong Malaysia. Adapun implikasi yang bisa diberikan dari studi ini yaitu penggunaan media pembelajaran berupa kartu huruf menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca peserta didik kelas 1 Sanggar Bimbingan Muhammadiyah Kepong Malaysia. Adanya beberapa kendala yang dihadapi dapat diatasi dengan berbagai inovasi yang telah dipaparkan pada kesimpulan. Penelitian ini, fokus pembahasan masih di tahap peran guru dalam pengaplikasian media pembelajaran berupa kartu huruf guna mengembangkan keterampilan membaca siswa.
Copyrights © 2023