Dalam pelajaran bahasa Indonesia setidaknya ditemukan beberpa inovasi yang dapat diimplementasikan dalam kurikulum merdeka belajar diantaranya yaitu belajar dengan suasana baru yaitu belajar di alam sehingga dengan belajar dialam siswa mampu mengeksplorasi diri. penelitian ini bertujuan untuk melihat eksplorasi penerapan pembelajaran bahasa indonesia dan koneksinya dalam kurikulum merdeka belajar. Penelitian ini termasuk penelitian pustaka (library research), yaitu merupakan penelitian yang memanfaatkan sumber perpustakaan untuk memperoleh data penelitiannya. Dalam pelajaran bahasa Indonesia setidaknya ditemukan beberpa inovasi yang dapat diimplementasikan dalam kurikulum merdeka belajar diantaranya yaitu belajar dengan suasana baru yaitu belajar di alam sehingga dengan belajar dialam siswa mampu mengeksplorasi diri. Sehingga dapat mengembangkan dua keterampilan secara langsung yaitu keterampilan mengamati dan keterampilan menuangkan hasil observasi yang telah dilakukan dialam. Selain itu inovasi lain yang ditemukan yaitu dengan memberikan bimbingan interaktif kepada siswa, selanjutnya yaitu melakukan pembelajaran dengan menggunakan teknologi digitalisasi. Pada Implementasi pembelajaran bahasa Indonesia melalui profil pelajar Pancasila terdapat empat kompetensi atau keterampilan yang dijadikan suatu tolok ukur keberhasilan dalam penilaian yaitu keterampilan menulis, menyimak, membaca serta berbicara. Selain itu tujuan pembelajaran sastra yaitu agar mampu mengapresiasi serta mengetahui makna suatu karya sastra. Apabila tujuan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia dihubungkan pada kurikulum merdeka belajar, berarti guru bisa menyediakan suatu materi pembelajaran yang memiliki variasi berbeda-beda agar para siswa dapat berproses dengan belajar sesuai minat dan bakatnya.
Copyrights © 2023