Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 4 (2023): Innovative: Journal Of Social Science Research

Exploring The Secondary English Teachers’ Strategies In Teaching Reading Comprehension: An Interview Study

Silvia Sri Rahayu (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Iwan Ridwan (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Praditya Putri Utami (Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
04 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh guru bahasa Inggris dalam mengajar pemahaman bacaan. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian kualitatif deskriptif. Partisipan penelitian ini adalah tiga orang guru Bahasa Inggris yang mengajar di salah satu SMP di Karawang. Instrumen penelitian adalah wawancara. Instrumen digunakan untuk mengetahui strategi yang digunakan dan bagaimana guru bahasa Inggris mengimplementasikannya di kelas. Hasil data dianalisis dengan analisis tematik dari Braun & Clarke (2006). Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru pertama menggunakan strategi scaffolding dalam mengajar pemahaman bacaan. Sedangkan guru kedua menggunakan strategi QARs (Question-Answer Relationship). Dan guru ketiga menggunakan strategi scaffolding dan QARs (Question-Answer Relationship) dalam mengajar pemahaman membaca di kelas. Strategi yang diterapkan efektif dalam mengajar pemahaman membaca di sekolah tersebut.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...