Pembelajaran yang berkualitas dapat terlihat pada setiap proses pembelajaran yang berlangsung, terdapat faktor pembelajaran yang berkualitas salah satunya adalah keterampilan sosial yang perlu dimiliki oleh setiap peserta didik saat proses pembelajaran. Diketahui pada kelas V SDN 198/1 Pasar Baru Tahun ajaran 2022/2023 terdapat peserta didik yang kurang memeiliki keterampilan sosial salah satunya pilih-pilih teman san terdapat yang melontarkan bahasa tidak sopan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial pada muatan ips dengan menggunakan model student team achievement division pada peserta didik kelas V di SDN 198/1 Pasar Baru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimana data yang diambil yaitu berupa data observasi melalui lembar observasi keterampilan sosial peserta didik dan juga observasi guru yang menggunakan model Student Team Achievement Division. Penelitian ini dilakukan dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan keterampilan sosial peserta didik melalui muatan IPS dengan menggunakan model STAD. Pada siklus I, keterampilan sosial peserta didik sebesar 51,76% dan pada siklus II sebesar 84,79%. Berdasarkan hasil yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa keterampilan sosial pada muatan IPS dengan menggunakan model student team achievement division pada peserta didik kelas v sekolah dasar berhasil untuk di tingkatkan .
Copyrights © 2023