Jurnal Manajemen dan Pemasaran Digital
Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Manajemen dan Pemasaran Digital (Januari-Maret 2023)

Pengaruh Promosi terhadap Penjualan UMKM S3Shop di Kecamatan Conggeang Jawa Barat

Lala Nurhayati (Universitas Winaya Mukti, Jawa Barat)
Anne Lasminingrat (Universitas Winaya Mukti, Jawa Barat)
Maria Lusiana Yulianti (Universitas Winaya Mukti, Jawa Barat)
Deden Komar Priatna (Universitas Winaya Mukti, Jawa Barat)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2023

Abstract

Abstract: In this study there are two variables, namely promotion as the independent variable and sales as the dependent variable. This research was conducted to find out the influence of sales on Umkm S3shop in Conggeang District, West Java, and to find out how big the influence of promotion on sales. The method used in this study is a descriptive and verification method. Data collection techniques were obtained from primary data, namely through interviews and questionnaires. While secondary data obtained from books, journals, internet. To find out the influence of promotion on satisfaction, statistical analysis was used with the simple linear regression formula and the coefficient of determination using the IBM SPSS 25 assistance program. Based on the results of the discussion of promotion on sales and based on the results of the respondents obtained from the answers to the questionnaire, it turns out that promotion on sales of Umkm S3shop as a whole is very good because it shows a positive response. For the effect of promotion on sales of UMKM, a statistical test is used, based on calculations it can be concluded that there is a very good influence between promotion on sales at UMKM S3shop by 29.2% while the remaining 7.8% is influenced by other factors. Abstrak: Dalam penelitian ini terdapat dua Variabel yaitu Promosi sebagai variabel bebas dan penjualan sebagai variable terikat. Penelitian ini dilakukan untuk dapat mengetahui Pengaruh Penjualan Terhadap Umkm S3shop Di Kecamatan Conggeang Jawa Barat, dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh promodipada penjualan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptid dan verifikatif, teknik pengumpulan data di peroleh dari data primer yaitu melalui wawancara dan kuesioner. Sedangkan data sekunder diperoleh dari buku, jurnal, internet. Untuk mengetahui besarnya pengaruh promosi terhadap kepuasan digunakan analisis statistic dengan rumus Regresi Linier sederhana dan Koefisien Determinasi dengan mengunakan program bnatuan SPSS IBM 25. Berdasarkan hasil pembahasan Promosi Terhadap Penjualan dan berdasarkan hasilresponden yang diperoleh dari jawaban kuesioner ternyata Promosi Terhadap Penjualan Umkm S3shop secara keseluruhan termasuk sangat baik karena menunjukkan tanggapan yang positif. Untuk Pengaruh Promosi Terhadap penjualan Umkm digunakan uji statistic, berdasarkan perhitungan di dapat kesimpulan bahwa ada pengaruh sangat baik antara Promosi terhadap Penjualan Pada Umkm S3shop sebesar 29,2% sedangkan sisanya sebesar 7,8% di pengaruhi oleh factor lain.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JMPD

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Makalah yang diterbitkan adalah hasil penelitian, refleksi, dan studi kritis aktual sehubungan dengan tema integrasi sains dan teknologi manajemen bisnis digital: Kelebihan informasi Manajemen Konten Penerbitan Web Manajemen data Manajemen informasi Manajemen Pencarian dan Pengambilan Informasi ...