cover
Contact Name
Reski Nofriladi
Contact Email
nofrialdireski@gmail.com
Phone
+628220123600
Journal Mail Official
siberpublisher.info@gmail.com
Editorial Address
Jalan Marina Indah Raya No. 1 Pantai Indah Kapuk, Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara, Provinsi DKI Jakarta, 14470
Location
Kota adm. jakarta utara,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Manajemen dan Pemasaran Digital
ISSN : 29630142     EISSN : 29630185     DOI : https://doi.org/10.38035/jmpd.v1i1
Core Subject : Economy, Science,
Makalah yang diterbitkan adalah hasil penelitian, refleksi, dan studi kritis aktual sehubungan dengan tema integrasi sains dan teknologi manajemen bisnis digital: Kelebihan informasi Manajemen Konten Penerbitan Web Manajemen data Manajemen informasi Manajemen Pencarian dan Pengambilan Informasi Pengambilan Informasi Web Manajemen Pengetahuan Manajemen Hak Digital Pengarsipan Informasi Digital Literasi Informasi Digital Manajemen Intranet, Ekstranet dan Portal Pengelompokan informasi Perpustakaan Digital Tautan Referensi Ekstraksi Informasi Dunia informasi maya Visualisasi Informasi dan eksplorasi visual domain pengetahuan Model matematika, metode komputasi Digitalisasi dalam desain/manufaktur/pengukuran produk Sistem layanan produk, sistem pengambilan keputusan CAD/CAE/CAM/PLM, dll, perangkat keras digital, teknologi elektronik Perusahaan digital berorientasi layanan/manufaktur, integrasi Jaringan/dinamika/cluster perusahaan, organisasi yang diperluas/virtual Dengan demikian, jurnal ini menampilkan pemikiran, praktik, dan perkembangan terbaru dalam manajemen aset digital, termasuk: Distribusi, perlindungan, dan monetisasi aset digital Menilai aset digital Metadata, taksonomi, dan pencarian Alur kerja konten digital Manajemen hak digital DAM dan media sosial Memaksimalkan nilai fungsionalitas sistem DAM Lanskap vendor DAM Memilih sistem DAM yang tepat Mengukur ROI pada investasi DAM Teknologi baru dan apa yang mereka tawarkan Solusi penyimpanan dan pengarsipan Efisiensi operasional Konten dan arsitektur data Video dan video sesuai permintaan Bacaan penting untuk kepala grup, kepala departemen, direktur pelaksana, direktur, SVP, EVP, VP, dan manajer senior dari: Manajemen aset digital Media digital Operasi pemasaran Manajemen konten Manajemen hak digital Operasi media Perpustakaan digital Pengarsipan Layanan kreatif Taksonomi Pemasaran dan manajemen merek Layanan fotografi arsitektur TI dan teknologi Manajemen situs web; sebaik eksekutif C-Suite Penyedia layanan, konsultan dan analis penasihat hukum DRM
Articles 17 Documents
Pengaruh Internet of Things: Analisis Efektivitas Kerja, Perilaku Individu dan Supply Chain Reski Nofrialdi; Ebit Bimas Saputra; Farhan Saputra
Jurnal Manajemen dan Pemasaran Digital Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Manajemen dan Pemasaran Digital (Januari-Maret 2023)
Publisher : Siber Nusantara Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jmpd.v1i1.17

Abstract

Abstract: The Internet of Things is developing in many sectors, especially in the industrial and household sectors. Internet of Things is expected to be a new solution in carrying out daily activities, especially those that are closely related to objects or machines. The concept of the Internet of Things itself is developing smart technology into an object, with the goal of innovation that makes activities more effective and efficient. Examples of the application of the Internet of Things in the industrial and household sectors are: 1) automatic curtain closing, 2) automatic water taps, 3) automatic folding umbrellas, 4) and also automatic parking scan sensors. The research method at this time is a descriptive qualitative method, by obtaining data based on relevant previous research and developing according to the researchers' thoughts. The results of this study are: 1) Work Effectiveness is influenced by the Internet of Things; 2) Individual Behavior is influenced by the Internet of Things; and 3) Supply Chain is affected by the Internet of Things. Abstrak: Internet of Things berkembang di banyak sektor, terutama di sektor industri dan rumah tangga. Internet of Things diharapkan menjadi solusi baru dalam menjalankan aktivitas sehari-hari terutama yang berkaitan erat dengan benda atau mesin. Konsep Internet of Things sendiri yaitu mengembangkan teknologi pintar kedalam sebuah benda, dengan tujuan inovasi yang menjadikan kegiatan lebih efektif dan efisien. Contoh penerapan Internet of Things di sektor industri dan rumah tangga yaitu: 1) Penutup gorden otomatis, 2) keran air otomatis, 3) payung lipat otomatis, 4) dan juga sensor scan parkir otomatis. Metode Penelitian pada kali ini yaitu metode kualitatif deskriptif, dengan memperoleh data berdasarkan penelitian terdahulu yang relevan dan mengembangkan sesuai pemikiran peneliti. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Efektivitas Kerja dipengaruhi oleh Internet of Things; 2) Perilaku Individu dipengaruhi oleh Internet of Things; dan 3) Supply Chain dipengaruhi oleh Internet of Things.
Pengaruh Penanganan Keluhan, Komunikasi Pemasaran dan Kepercayaan terhadap Loyalitas (Literature Review Manajemen Pemasaran) Agustin Hermawati
Jurnal Manajemen dan Pemasaran Digital Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Manajemen dan Pemasaran Digital (Januari-Maret 2023)
Publisher : Siber Nusantara Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jmpd.v1i1.18

Abstract

Abstract: Literature review article on the influence of complaint handling, marketing communication and trust on customer loyalty of PT Bank BCA KCU Semarang is a scientific article that aims to build a research hypothesis on the influence of variables to be used in further research, within the scope of Marketing Management. The method of writing this Literature Review article is the library research method, which is sourced from online media such as Google Scholar, Mendeley and other academic online media. The results of this Literature Review article are: 1) Complaint Handling affects Loyalty; 2) Marketing Communication influences Customer Loyalty; 3) Trust has an effect on Customer Loyalty; Customer. The research was carried out using quantitative methods, as well as a causal relationship research design. The research data is primary data collected through a questionnaire in the form of a google form, as well as secondary data collected by documentation techniques. Sampling was taken using a random sample, while the calculation technique used the Slovin formula so that a sample of 400 was obtained. However, only 150 respondents were willing to fill out the questionnaire. Data analysis technique using multiple regression analysis. Abstrak: Artikel Literatur Review Pengaruh Penanganan Keluhan, Komunikasi Pemasaran dan Kepercayaan terhadap Loyalitas nasabah PT Bank BCA KCU Semarang dalah artikel ilmiah yang bertujuan membangun hipotesis riset pengaruh antar variabel yang akan digunakan pada riset selanjutnya, dalam ruang lingkup ilmu Manajemen Pemasaran. Metode penulisan artikel Literature Review ini adalah dengan metode library risearch, yang bersumber dari media online seperti Google Scholar, Mendeley dan media online akademik lainnya. Hasil artikel Literature Review ini adalah: 1) Penanganan Keluhan berpengaruh terhadap Loyalitas; 2) Komunikasi Pemasaran berpengaruh terhadap Loyalitas Nasabah; 3) Kepercayaan berpengaruh terhadap Loyalitas Nasabah; Nasabah. Penelitian dilaksanakan dengan metode kuantitatif, serta desain penelitian hubungan kausal. Data penelitian adalah data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner berbentuk google form, serta data sekunder yang dikumpulkan dengan teknik dokumentasi. Pengambilan sampel dengan random sampel, sedangkan teknik penghitungannya menggunakan rumus Slovin sehingga diperoleh sampel sebanyak 400. Namun hanya 150 responden yang bersedia mengisi kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda.
Hubungan Media Massa terhadap Human Resources dan Hardware (Studi Literature) Amalina Maharani
Jurnal Manajemen dan Pemasaran Digital Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Manajemen dan Pemasaran Digital (Januari-Maret 2023)
Publisher : Siber Nusantara Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jmpd.v1i1.19

Abstract

Abstract: The Literature Review article on the Relations of Mass Media to Human Resources and Hardware is a scientific article that aims to build a research hypothesis on the influence of variables to be used in further research, within the scope of Human Resource Management. The method of writing literature review articles is the library research method, which is sourced from online media such as Google Scholar, Mendeley, and other academic online media. The results of this study are: 1) Mass Media relates to Human Resources; 2) Mass Media relates to Hardware; and 3) Human Resources related to Hardware. Apart from the exogenous variables that influence the endogenous variables, there are other factors including: Electronic Media, Digital Media and Education. Abstrak: Artikel Literature Review Hubungan Media Massa terhadap Human Resources dan Hardware merupakan artikel ilmiah yang bertujuan membangun hipotesis riset pengaruh antar variabel yang akan digunakan dalam riset selanjutnya, dalam ruang lingkup ilmu Manajemen Sumber Daya Manusia. Metode penulisan artikel literature review yaitu dengan metode library research, yang bersumber dari media online seperti Google Scholar, Mendeley, dan media online akademik lainnya. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Media Massa berhubungan terhadap Human Resources; 2) Media Massa berhubungan terhadap Hardware; dan 3) Human Resources berhubungan terhadap Hardware. Selain dari variabel exogen yang mempengaruhi variabel endogen, terdapat faktor lain diantaranya meliputi: Media Elektronik, Media Digital dan Pendidikan.
Pengaruh Promosi terhadap Penjualan UMKM S3Shop di Kecamatan Conggeang Jawa Barat Lala Nurhayati; Anne Lasminingrat; Maria Lusiana Yulianti; Deden Komar Priatna
Jurnal Manajemen dan Pemasaran Digital Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Manajemen dan Pemasaran Digital (Januari-Maret 2023)
Publisher : Siber Nusantara Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jmpd.v1i1.20

Abstract

Abstract: In this study there are two variables, namely promotion as the independent variable and sales as the dependent variable. This research was conducted to find out the influence of sales on Umkm S3shop in Conggeang District, West Java, and to find out how big the influence of promotion on sales. The method used in this study is a descriptive and verification method. Data collection techniques were obtained from primary data, namely through interviews and questionnaires. While secondary data obtained from books, journals, internet. To find out the influence of promotion on satisfaction, statistical analysis was used with the simple linear regression formula and the coefficient of determination using the IBM SPSS 25 assistance program. Based on the results of the discussion of promotion on sales and based on the results of the respondents obtained from the answers to the questionnaire, it turns out that promotion on sales of Umkm S3shop as a whole is very good because it shows a positive response. For the effect of promotion on sales of UMKM, a statistical test is used, based on calculations it can be concluded that there is a very good influence between promotion on sales at UMKM S3shop by 29.2% while the remaining 7.8% is influenced by other factors. Abstrak: Dalam penelitian ini terdapat dua Variabel yaitu Promosi sebagai variabel bebas dan penjualan sebagai variable terikat. Penelitian ini dilakukan untuk dapat mengetahui Pengaruh Penjualan Terhadap Umkm S3shop Di Kecamatan Conggeang Jawa Barat, dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh promodipada penjualan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptid dan verifikatif, teknik pengumpulan data di peroleh dari data primer yaitu melalui wawancara dan kuesioner. Sedangkan data sekunder diperoleh dari buku, jurnal, internet. Untuk mengetahui besarnya pengaruh promosi terhadap kepuasan digunakan analisis statistic dengan rumus Regresi Linier sederhana dan Koefisien Determinasi dengan mengunakan program bnatuan SPSS IBM 25. Berdasarkan hasil pembahasan Promosi Terhadap Penjualan dan berdasarkan hasilresponden yang diperoleh dari jawaban kuesioner ternyata Promosi Terhadap Penjualan Umkm S3shop secara keseluruhan termasuk sangat baik karena menunjukkan tanggapan yang positif. Untuk Pengaruh Promosi Terhadap penjualan Umkm digunakan uji statistic, berdasarkan perhitungan di dapat kesimpulan bahwa ada pengaruh sangat baik antara Promosi terhadap Penjualan Pada Umkm S3shop sebesar 29,2% sedangkan sisanya sebesar 7,8% di pengaruhi oleh factor lain.
Pengaruh Pengembangan Produk terhadap Kepuasan Pelanggan dan Citra Perusahaan Eric Hermawan
Jurnal Manajemen dan Pemasaran Digital Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Manajemen dan Pemasaran Digital (Januari-Maret 2023)
Publisher : Siber Nusantara Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jmpd.v1i1.21

Abstract

Abstract: The Literature Review article on the Effect of Product Development on Customer Satisfaction and Corporate Image is a scientific article that aims to build a research hypothesis on the influence of variables to be used in further research, within the scope of Marketing Management science. The method of writing literature review articles is the library research method, which is sourced from online media such as Google Scholar, Mendeley, and other academic online media. The results of this study are: 1) Product Development has an effect on Customer Satisfaction; 2) Product Development has an effect on Corporate Image; and 3) Customer Satisfaction has an effect on Corporate Image. Apart from the exogenous variables that influence the endogenous variables, there are other factors including: Price, Product Quality, Service Quality and Place. Abstrak: Artikel Literature Review Pengaruh Pengembangan Produk terhadap Kepuasan Pelanggan dan Citra Perusahaan merupakan artikel ilmiah yang bertujuan membangun hipotesis riset pengaruh antar variabel yang akan digunakan dalam riset selanjutnya, dalam ruang lingkup ilmu Manajemen Pemasaran. Metode penulisan artikel literature review yaitu dengan metode library research, yang bersumber dari media online seperti Google Scholar, Mendeley, dan media online akademik lainnya. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Pengembangan Produk berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan; 2) Pengembangan Produk berpengaruh terhadap Citra Perusahaan; dan 3) Kepuasan Pelanggan berpengaruh terhadap Citra Perusahaan. Selain dari variabel exogen yang mempengaruhi variabel endogen, terdapat faktor lain diantaranya meliputi: Harga, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Tempat.
Pentingnya Peranan CIA Triad Dalam Keamanan Informasi dan Data Untuk Pemangku Kepentingan atau Stakholder Abdul Halim Harahap Harahap; Claresta Difa Andani; Angelia Christie; Divtyajeng Nurhaliza; Ahmad Fauzi
Jurnal Manajemen dan Pemasaran Digital Vol. 1 No. 2 (2023): Jurnal Manajemen dan Pemasaran Digital (April-Juni 2023)
Publisher : Siber Nusantara Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jmpd.v1i2.34

Abstract

In the sustainability of an organization or company it is important to protect assets related to the organization or company being run. Important assets of companies and organizations include things that ensure the sustainability of an organization and the company itself. Information and data related to an organization or company is the most important thing to protect its security. In protecting information and data security, this paper discusses specific indicators of organizational or company security. This security indicator is known as the "CIA Triad" of Confidentiality, Integrity, Availability. In this study discusses CIA TRIAD in protecting information and data security in an applied system. These three factors are interrelated and maintain bonds with each other, in other words if one of these factors is eliminated Information and data security will be very risky. Therefore, the CIA Triad linkage is very important and has influence.
PERANCANGAN SISTEM OPERASI YANG AMAN PADA SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PERUSAHAAN Syifa Nurarifah; Muhammad Zaynuri; Raisah Nur Hotimah; Achmad Fauzi; Riska Fatikasari; Syahdilla Aulia Rahman
Jurnal Manajemen dan Pemasaran Digital Vol. 1 No. 2 (2023): Jurnal Manajemen dan Pemasaran Digital (April-Juni 2023)
Publisher : Siber Nusantara Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jmpd.v1i2.40

Abstract

Sistem informasi manajemen perusahaan berbasis web menjadi sangat penting karena memberikan kemudahan akses dan pengelolaan data dalam sebuah perusahaan. Namun, keamanan data menjadi perhatian penting dalam penggunaan sistem informasi berbasis web ini. Metode yang digunakan dalam perancangan suatu sistem informasi berbasis web adalah metode prototype yang meliputi lima tahap utama: komunikasi, rencana cepat, pemodelan desain cepat, konstruksi prototipe, dan pengiriman serta penyebaran masukan. Ketika ingin membuat suatu rancangan sistem informasi yang aman, yang harus kita perhatikan adalah aspek keamanan pada setiap tahapannya, termasuk desain database, pengelolaan hak akses, dan pemilihan teknologi yang sesuai. Hasil dari penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi bagi perusahaan untuk menggunakan metode prototype dalam merancang suatu sistem informasi yang aman dan terintegrasi. Sistem ini telah diuji coba dan ditemukan memiliki keamanan yang tinggi serta mampu memberikan kemudahan dalam pengelolaan data bagi pengguna. Dengan dilakukannya suatu penelitian yang berhubungan dengan sistem informasi di manajemen perusahaan, diharapkan mampu memberikan kontribusi yang lebih aman dan terintegrasi dengan sistem operasi yang lebih baik.
Analisis Manajemen Sumber Daya Manusia pada Perpustakaan Universitas Kapuas Sintang Florensius Tijan
Jurnal Manajemen dan Pemasaran Digital Vol. 1 No. 2 (2023): Jurnal Manajemen dan Pemasaran Digital (April-Juni 2023)
Publisher : Siber Nusantara Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jmpd.v1i2.49

Abstract

Abstract: Library human resources are an important element in the process of library development. In this technological era, library human resources, especially in higher education institutions, are required to be able to maximize skills according to their field of work regarding libraries. This research relies on developing soft skills that need to be carried out by a librarian. so that library services will be maximized for students and lecturers. The results of this study are maximizing the role of Libraries in library development to the fullest by increasing the quality of service which is supported by many factors such as facilities and infrastructure supporters, namely human resources and IT-based library information systems. Abstrak: Sumber daya manusia perpustakaan merupakan elemen penting dalam proses berkembangnya perpustakaan. Pada zaman yang serba teknologi seperti sekarang ini, sumberdaya manusia perpustakaan terutama di Lembaga perguruan tinggi di tuntut untuk bisa memaksimalkan skil sesuai bidang pekerjaan nya tentang perpustakaan. Penelitian ini bertumpu pada pengembangan softskil yang perlu dilakukan oleh seorang pustakawan.sehinga pelayanan perpustakaan akan maksimal kepada mahasiswa dan dosen.Hasil dari penelitian ini adalah memaksimalkan peran Pustaka dalam pengembangan perpustkaan secara maksimal dengan meningkatkan kualitas pelayanan yang di dukung oleh banyak factor seperti sarana dan prasara pendukung yaitu sumber daya manusia serta system informasi perpustakaan berbasis IT.
Pengaruh Electronic Word of Mouth (EWOM) Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli pada Jasa Transportasi Online Maxim di Kota Bekasi M. Fadhli Nursal; Muhammad Richo Rianto; Heni Rohaeni; Farhan Saputra
Jurnal Manajemen dan Pemasaran Digital Vol. 1 No. 3 (2023): Jurnal Manajemen dan Pemasaran Digital (Juli - September 2023)
Publisher : Siber Nusantara Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jmpd.v1i3.55

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh electronic word of mouth (ewom) yang digunakan pada jasa transportasi online Maxim terhadap keputusan pembelian yang dimediasi oleh minat beli. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan dalam mendapatkan sampel penulis menggunakan metode Purposive Sampling. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini ialah sebanyak 75 responden yang dimana fokus responden ini ialah pengguna jasa transportasi online maxim. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan terdapat variabel-variabel yang saling berpengaruh seperti pada penjelasan singkat berikut ini: 1). Pada variabel electronic word of mouth (ewom) (X1) diketahui nilai p-value sebesar 0,000 < 0,05 sehingga terdapat pengaruh terhadap minat beli (Z). 2). Pada variabel minat beli (Z) diketahui nilai p-value sebesar 0,000 < 0,05 sehingga terdapat pengaruh keputusan pembelian (Y). 3). Pada variabel electronic word of mouth (ewom) (X1) diketahui nilai p-value sebesar 0,000 < 0,05 sehingga terdapat pengaruh keputusan pembelian (Y). 4. Pada variabel electronic word of mouth (ewom) (X1) diketahui nilai p-value sebesar 0,000 < 0,05 sehingga terdapat pengaruh terhadap keputusan pembelian (Y) yang dimediasi oleh minat beli.
Pengaruh Akuntabilitas, Independensi dan Kompetensi Auditor terhadap Kualitas Audit (Studi Kasus pada Kantor Akuntan Publik di Wilayah Kota Bekasi) Ahmad Fauzi; Maidani; M. Fadhli Nursal; Farhan Saputra
Jurnal Manajemen dan Pemasaran Digital Vol. 1 No. 3 (2023): Jurnal Manajemen dan Pemasaran Digital (Juli - September 2023)
Publisher : Siber Nusantara Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jmpd.v1i3.58

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang dapat terjadi antara: (1) Akuntabilitas terhadap Kualitas Audit, (2) Independensi terhadap Kualitas Audit, (3) Kompetensi terhadap Kualitas Audit. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah auditor yang bekerja pada tujuh Kantor Akuntan Publik yang berada di Wilayah Kota Bekasi. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 54 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling yang merupakan salah satu Teknik dalam kelompok non probability sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kuesioner. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengujian Outer Model, pengujian Inner Model, pengujian hipotesis (hypothesis testing) dengan menggunakan Structural Equitation Model (SEM) – SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) akuntabilitas tidak berpengaruh terhadap kualitas audit; (2) independensi berpengaruh positif terhadap kualitas audit; (3) kompetensi berpengaruh positif terhadap kualitas audit.

Page 1 of 2 | Total Record : 17