Jurnal Pengabdian Perawat
Vol. 1 No. 2 (2022): November 2022

Peningkatan Konsentrasi Belajar pada Siswa melalui Pemanfaatan Metode Belajar Sensorimotor dengan Kombinasi Senam Latih Otak

Wulansari Wulansari (Universitas Ngudi Waluyo)
Mukhamad Musta’in (Universitas Ngudi Waluyo)
Fiktina Vifri Ismiriyam (Universitas Ngudi Waluyo)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2022

Abstract

Metode  pembelajaran permainan sensorimotor dan senam latih otak merupakan salah satu metode  yang  dibeberapa penelitian menunjukkan hasil dapat mempengaruhi terhadap peningkatan konsentrasi belajar. Langkah awal dan akhir dari kegiatan  pelatihan dan pelaksanaannya  adalah melakukan penilaian tingkat konsentrasi   dengan menggunakan  tes  keseimbangan Sullivan. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini diawali dengan menjalin komunikasi dengan mitra sehingga memahami kebutuhan mitra. Siswa kelas enam sekolah dasar merupakan siswa yang memiliki beban belajar dan kegiatan yang lebih  banyak jika kita bandingkan dengan  kelas dibawahnya. Hal ini dikarenakan siswa kelas 6 atau siswa  tingkat  akhir memiliki beban menghadapi Ujian Akhir yang menjadi syarat kelulusan. Pembelajaran yang terus menerus dengan menggunakan metode ceramah lebih dari 60 menit menimbulkan rasa bosan atau jenuh serta lelah yang pada akhirnya dapat menurunkan tingkat konsentrasi. Tingkat konsentrasi yang berkurang atau menurun akan berakibat pada penurunan pemahaman  dari apa yang diberikan oleh guru didalam kelas, hal ini juga akan berdampak pada penurunan tingkat prestasi siswa. Harapan dari kegiatan pemberihan pelatihan metode pembelajaran sensorimotor dan senam latih otak adalah agar guru  dapat memberikan metode pembelajara lain selama pembelajaran atau di sela sela pembelajaran metode ceramah siswa bisa diajak menggerakkan tubuh melalui senam latih otak untuk membuat kembali siswa berkonsentrasi. Guru dapat melihat tingkat konsentrasi tiap siswa dengan melakukan test keseimbangan Sullivan. Metode pembelajaran sensori motor dengan senam otak dapat dilakukan dimanapun tempat pembelajan serta dapat dilakukan secara mandiri maupun kelompok.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpp

Publisher

Subject

Health Professions Nursing Public Health

Description

Jurnal Pengabdian Perawat (eISSN: 28298713) is a national journal that publishes the work of nurses service to the community. This journal publishes two editions in 1 year (May and November). Jurnal Pengabdian Perawat was created to facilitate nurses who want to disseminate the performance of ...