Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 6 No. 3 (2023): Volume 6 No. 3 2023

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IX UPTD SMP NEGERI 5 GUNUNGSITOLI

Arlin Elvinyanti Laoli (Universitas Nias)
Natalia Kristiani Lase (Universitas Nias)



Article Info

Publish Date
19 Sep 2023

Abstract

Sebuah penelitian yang dilakukan di UPTD SMP Negeri 5 Gunungsitoli mengidentifikasi beberapa masalah dalam proses pembelajaran, termasuk kelas yang berpusat pada guru, kurangnya penggunaan media pembelajaran, ketidakterlibatan siswa, dan hasil belajar yang tidak memadai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Learning Cycle di kelas IX dan menilai hasil belajar siswa. Penelitian dilakukan di kelas IX-E yang terdiri dari 30 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini menggunakan lembar observasi, tes siswa, dan panduan wawancara sebagai instrumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Learning Cycle pada mata pelajaran IPA menghasilkan rata-rata skor refleksi sebesar 60,23% pada Siklus I dan pada Siklus II sebesar 81,40 dengan kriteria baik. Temuan ini menyoroti perlunya perbaikan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan keterlibatan siswa dan meningkatkan hasil belajar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...